real
        time web analytics

Info

Kenalan dengan Food Scientist


TOPCAREER.ID – Selama masih menjadi kebutuhan manusia, industri makanan rasanya tak akan pernah mati, justru kian berkembang dengan ragam inovasi. Dari industri ini, tak hanya mencetak perusahaan pembuat makanan, tapi juga profesi berkaitan, seperti food scientist.

iStudent Global melakukan interview dengan salah satu food scientist untuk mengetahui lebih dalam soal pekerjaan ini dan karier seperti apa yang dituju. Berikut beberapa kutipan wawancara dari food scientist, Rebeca Lopez-Garcia.

Apa sebenarnya ilmu pangan (food science)? Dan mengapa menurut Anda siswa harus mempelajari subjek ini di perguruan tinggi atau universitas?

Ilmu makanan adalah studi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan makanan dan pengolahan makanan. Siswa harus memilih untuk belajar ilmu makanan karena itu adalah bidang studi terapan yang hebat. Jika Anda mempelajari ilmu makanan, Anda memiliki banyak pilihan karier di masa depan yang berkisar dari ilmu yang sangat dasar hingga teknik terapan.

Bisakah Anda ceritakan sedikit tentang pekerjaan Anda? Bagaimana Anda mulai bekerja di bidang ini dan bagaimana Anda berhasil membantu negara-negara ini?

Saya telah bekerja di banyak bidang dan berbagai proyek. Dengan FAO saya memiliki kesempatan untuk mengembangkan “Integrated Mycotoxin Management Plan” untuk produsen kopi di Ekuador sehingga mereka dapat mengekspor kopi mereka tanpa masalah kontaminasi. 

Saya membantu mengelola krisis kontaminasi gandum di Uruguay dan membantu negara itu mengembangkan Rencana Aksi Nasional untuk mengendalikan kontaminasi mikotoksin dan menghindari krisis di masa depan. 

Saya telah bekerja dengan pemerintah Mesir dan Panama untuk membantu industri makanan mereka menjadi lebih kompetitif. Saat ini, saya bekerja dengan Republik Dominika untuk mengembangkan Sistem Inspeksi Makanan Nasional.  

Saya juga bekerja dengan banyak perusahaan multinasional membantu mereka mengembangkan pemasok dan meningkatkan keamanan pangan

Menurut Anda apa yang spesial dari industri sains makanan dibandingkan dengan industri sains lainnya?

Saya setuju ini sangat teknis dan kreatif tetapi saya pikir ini adalah area yang bagus karena orang pasti makan sehingga ini adalah industri yang sangat stabil dan memberi Anda rasa tujuan karena nutrisi sangat penting untuk kesehatan yang baik. Anda benar-benar dapat membuat perbedaan di bidang ini.

Akhirnya, aspek pekerjaan apa yang paling Anda sukai? Apakah ada contoh pekerjaan Anda di mana Anda merasa telah membuat perbedaan?

Saya suka bahwa saya harus terus belajar dan belajar setiap hari. Saya tidak pernah bosan karena setiap hari saya memiliki tantangan yang berbeda. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bekerja dengan produsen dan perusahaan yang benar-benar membutuhkan bantuan dan menyaksikan mereka mencapai kontrak atau menghasilkan produk yang lebih aman atau mulai mengekspor sangat bermanfaat. 

 

Rekomendasi

Terkait