real
        time web analytics

Info

Kerjaanmu Menuntut Sering Duduk, Awas Bahaya buat Kesehatan


TOPCAREER.ID – Tak jarang karena tuntutan pekerjaan, mengharuskan seseorang duduk dalam jangka waktu yang lama. Bagi yang sepanjang hari harus duduk untuk menyelesaikan pekerjaan, nampaknya perlu berhati-hati dengan kesehatan. Ada risiko kesehatan mengintaimu.

Postur Tubuh yang Buruk

Duduk terus-menerus akan menyebabkan ketegangan yang sangat besar di punggung dan itu juga berpotensi memengaruhi posturmu. Selain itu, jika kamu adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu membungkuk di depan laptop atau komputer, kamu dapat mengembangkan sindrom postur yang buruk.

Berat Badan Bertambah

Selain postur tubuh yang buruk, duduk sepanjang hari juga dapat berkontribusi besar terhadap kenaikan berat badan karena ketidakaktifan menyebabkan obesitas.

Penyakit Jantung

Seperti dilansir dari Times of India, duduk terlalu lama dapat memicu penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tubuh kita membakar lebih sedikit lemak ketika kita duduk dan akibatnya, asam lemak mungkin mulai mengendap di arteri kita.

Kerusakan Otak

Duduk dalam jangka waktu lama tidak hanya membahayakan tubuh tetapi juga berpotensi merusak otakmu. Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, gaya hidup tidak aktif, yakni yang melibatkan duduk untuk jangka waktu yang lebih lama, dapat menyebabkan penipisan wilayah tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan ingatan baru.

Varises

Duduk untuk jangka waktu yang lebih lama dapat memberikan banyak tekanan pada kaki. Hal ini dapat menyebabkan pengembangan varises, suatu kondisi yang menyebabkan pembengkakan atau pembengkakan pembuluh darah.

Risiko Diabetes

Orang dengan gaya hidup tidak aktif lebih rentan terhadap diabetes bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki gaya hidup aktif. Menurut tindak lanjut dari penelitian HUNT yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, duduk lama sebenarnya dapat meningkatkan risiko diabetes pada orang yang secara fisik tidak aktif.

Nyeri Tubuh

Jika kamu merasa nyeri tubuh yang cukup parah pada bagian leher, bahu, pinggul, dan punggung, yakinlah bahwa itu karena kebiasaanmu duduk terlalu lama.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya potensi-potensi itu? Mudah saja, kamu hanya perlu memberikan sedikit waktu di sela-sela pekerjaan untuk beranjak dari kursi, setiap setengah jam dan bergerak sebentar.

Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar kantor atau bekerja sambil berdiri. Untuk leher dan punggung, disarankan kamu melakukan peregangan setelah setiap 30 menit selama 5 menit untuk mengurangi kemungkinan mengalami sakit punggung dan leher.

Rekomendasi

Terkait