real
        time web analytics

Info

Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan Orang Pintar


TOPCAREER.ID - Perencana keuangan bersertifikat Jill Schlesinger telah melihat orang pintar membuat kesalahan uang yang cukup spektakuler. Ia yang merupakan seorang analis bisnis CBS News pun mengakui kerap melakukan kesalahan keuangan, seperti menunggu "saat yang tepat" untuk berinvestasi.

“Kami adalah makhluk yang emosional, bukan hanya yang rasional. Jadi, bahkan orang yang cerdas dihalangi oleh emosi mereka, biasanya ketakutan dan keserakahan, dan bias kognitif mereka,” Schlesinger dalam Nerd Wallet.

Ilmu ekonomi perilaku mencoba menunjukkan dengan tepat di mana otak dan emosi kita membuat kita salah dalam keuangan, dan juga apa yang dapat kita lakukan.

Terlalu optimis

Schlesinger mencatat, sebagian besar dari kita tidak suka memikirkan apa yang salah, dan percaya bahwa kita lebih baik dalam memprediksi masa depan daripada. Klien yang tidak akan membeli asuransi cacat, misalnya, mengira ia tidak akan membutuhkannya karena ia sehat. Orang opsi saham tidak ingin menjual investasi yang menang, tidak memahami betapa rentan dia terhadap penurunan. 

Penangkal dari pemikiran semacam ini adalah berhenti mencoba menghitung kemungkinan sesuatu yang salah terjadi. Coba fokuskan pada seberapa besar kerugian Anda atau orang yang Anda cintai jika hal terburuk terjadi. Jika Anda tidak dapat dengan mudah menyerap kerugian itu, maka beli asuransi, diversifikasikan investasi Anda dan tulis surat wasiat Anda.

Terburu-buru

Taktik penjualan yang umum adalah mencoba menciptakan rasa urgensi sehingga orang akan bertindak. Tetapi kita cenderung membuat kesalahan ketika kita terburu-buru. Jika Anda merasa tertekan untuk membeli produk, mendaftar untuk suatu layanan atau berinvestasi dalam sesuatu, ambil langkah mundur.

Schlesinger merekomendasikan untuk mengajukan lima pertanyaan ini sebelum melakukan investasi, tetapi mereka dapat dengan mudah diterapkan pada keputusan keuangan lainnya:

Berapa biaya ini?

Apa saja alternatifnya?

Seberapa mudah untuk mengeluarkan uang saya dan biaya atau hukuman apa yang akan saya bayarkan?

Apa konsekuensi pajak yang akan ditanggung untuk saya?

Skenario terburuk apa yang saya hadapi dengan ini?

Tak peduli saran ahli

Pendekatan do-it-yourself mungkin benar-benar tepat, kata Schlesinger, ketika Anda memahami dasar-dasarnya: melunasi hutang kartu kredit, mulai menabung untuk pensiun dan membangun dana darurat. Tapi, semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda menghadapi situasi rumit yang membutuhkan keahlian yang tidak Anda miliki.

“Anda masih akan pintar untuk mencari seorang ahli jika Anda menghadapi situasi yang kompleks atau luar biasa. Jika Anda dituntut oleh kreditor, Anda memerlukan pengacara. Jika Anda akan mewarisi sejumlah besar - lebih banyak uang daripada yang biasa Anda tangani - Anda harus berbicara dengan perencana keuangan khusus biaya.”

 

Rekomendasi

Terkait