real
        time web analytics

Info

Keterampilan yang Dimiliki Seorang Psikolog


TOPCAREER.ID – Jika Anda berminat menjadi psikolog klinis, dan siap berhadapan dengan orang-orang yang memiliki masalah mental, jalur pendidikan tentu jadi jalan untuk mewujudkan hal itu. Namun, untuk menjadi seorag psikolog, ada baiknya Anda mengetahui beberapa keterampilan terkait berikut ini.

1. Kemampuan Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik merupakan keterampilan penting menjadi psikolog. Anda harus bisa memberikan masukan pada pasien tanpa terkesan menggurui dan juga tahu jenis komunikasi yang efektif untuk setiap pasien yang Anda hadapi.

2. Menjaga Rahasia

Pastinya Anda akan mendengarkan semua keluhan dan rahasia para pasien Anda karena mereka mempercayai Anda. Tak heran menjadi psikolog berarti Anda harus bisa menjaga rahasia para pasien sebaik mungkin. Memiliki skill ini menjadi hal penting karena berhubungan dengan kredibilitas dan kode etik profesi yang harus dijalankan.

3. Memiliki Kesabaran

Pasien yang harus Anda konseling biasanya pasien bermasalah yang butuh kesabaran Anda supaya dia bisa sembuh. Belum lagi Anda akan menemukan aneka masalah yang aneh-aneh dan sering tidak bisa diterima akal sehat Anda. Tetapi di situlah seninya.

4. Suka Mendengar

Menjadi psikolog berarti Anda lebih suka mendengar ketimbang berbicara panjang lebar. Anda harus mendengar keluh kesah pasien Anda tanpa memotong dan berkomentar apa pun. Mendengar merupakan salah satu cara konseling yang dipercaya bisa mengurangi beban mental seseorang. Dengan didengarkan, seseorang merasa lebih plong dan merasa bebannya agak berkurang. 

 

Rekomendasi

Terkait