real
        time web analytics

Info

Kompensasi yang Harus Disediakan Perusahaan untuk Pekerja Malam


TOPCAREER.ID – Hampir setiap perusahaan pernah menerapkan sistem kerja lembur pada karyawan hingga malam hari. Tapi, sistem kerja seperti itu tetap ada aturannya. Peraturan mengenai shift malam ini diatur dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pada Pasal 76.

Undang-undang itu menyebutkan bahwa ada dua jenis karyawan yang tidak boleh diperkerjakan pada shift malam antara puku 23.00 hingga 7.00. Karyawan yang dilarang tersebut adalah perempuan dengan umur kurang dari 18 tahun dan perempuan hamil karena berbahaya bagi kandungannya. 

Shift malam juga diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) No. 224 Tahun 2003 tentang kewajiban perusahaan terhadap karyawan, khususnya yang perempuan, yang bekerja pada shift malam antara pukul 23.00 hingga 7.00. Hal-hal yang diatur adalah antara lain:

Memberikan Makanan dan Minuman Bergizi

Ada beberapa poin mengenai makanan dan minuman bergizi yang terdapat dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) No. 224 Tahun 2003, antara lain:

- Makanan dan minuman yang diperuntukkan bagi karyawan perlu sekurang-kurangnya mengandung 1.400 kalori dan diberikan saat jam istirahat antara jam kerja.

- Makanan dan minuman yang diberikan tidak boleh diganti dengan uang.

- Penyediaan makanan dan minuman serta peralatan makan harus memenuhi syarat higienis dan sanitasi.

- Penyajian menu makanan dan minuman yang diberikan harus bervariasi.

- Dengan adanya berbagai peraturan diatas mengenai makanan dan minuman, pekerja berhak mendapatkan konsumsi setiap mengambil atau diminta untuk lembur.

Menjaga Kesusilaan dan Keamanan Selama di Tempat Kerja

Pada pasal 2 dan 5 dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) No. 224 Tahun 2003 dijelaskan bahwa perusahaan wajib menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja dengan cara:

- Perusahaan wajib menyediakan petugas keamanan di tempat kerja, yang tentunya mengamankan saat-saat karyawan melakukan shift malam atau lembur.

- Perusahaan juga wajib menyediakan kamar mandi atau wc yang layak dengan penerangan yang memadai serta terpisah antara pekerja perempuan dan pekerja laki-laki.

Transportasi Antar Jemput

Sementara, pada Pasal 6  pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) No. 224 Tahun 2003, pengusaha wajib menyediakan antar jemput dimulai dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya. Hal yang perlu diperhatikan, yakni:

-  Penjemputan dilakukan dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 05.00.

 - Pengusaha harus menetapkan tempat penjemputan dan pengantaran pada lokasi yang mudah dijangkau dan aman bagi pekerja/buruh perempuan.

- Kendaraan antar jemput harus dalam kondisi yang layak dan harus terdaftar di perusahaan.

 

Rekomendasi

Terkait