real
        time web analytics

Info

Krisis Talenta Digital Jadi Permasalahan Global


TOPCAREER.ID – Robert Walters sebagai perusahaan konsultan perekrutan melakukan survey terhadap 400 teknologi professional dan manajer perekrutan di Asia Tenggara, pada April 2019. Hasilnya, ksrisis talenta teknologi jadi permasalahan global dengan tingkat kesulitan tinggi. 

Melalui survei tersebut, para manajer perekrutan talenta teknologi menilai tingkat kesulitan untuk mendapatkan talenta teknologi dengan skor rata–rata 7 dari skala 1-10. 

Sebanyak 68 persen responden mengaku membutuhkan waktu 3 bulan atau lebih untuk mencari seorang profesional teknologi yang dapat mengisi kekosongan dalam tim mereka.  

“Tujuh puluh persen manager menyatakan telah merasakan dampak negatif yang memengaruhi produktivitas dan inovasi bisnis, karena krisis talenta teknologi," ungkap Manajer teknologi dari Robert Walters Indonesia, Antonio Mazza.

Antonio menjelaskan, pengembangan keterampilan dan kemampuan talenta teknologi saat ini belum cukup sejalan dengan kecepatan teknologi yang berkembang pesat. Hal itu menyebabkan kelangkaan talenta teknologi di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Dalam menanggapi urgensi krisis kelangkaan talenta teknologi di era digital tersebut, Robert Walters menerbitkan buku panduan teknologi "5 Kiat Dalam Menangani Krisis Talenta Teknologi".

Buku tersebut menggabungkan pandangan para pemimpin dalam dunia bisnis, pakar dalam bidang SDM, para manajer perekrutan, dan profesional teknologi tentang cara mempertahankan talenta teknologi. 

Dengan demikian, dapat tercipta strategi rekrutmen dan retensi yang inovatif untuk mendukung perubahan kebutuhan bisnis di era digital 4.0 yang kompetitif.

“Panduan dari Robert Walters ini memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan dapat mengatasi rintangan tersebut, dan dapat diaplikasikan pada semua perusahaan dalam mencari talenta potensial yang diinginkanya.”

Perkembangan startup di Indonesia menjadi pemicu bagi korporasi, untuk turut berinovasi memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam pengoperasian bisnis. Hal itu menyebabkan peningkatan kebutuhan talenta teknologi di semua aspek dan sektor industri.

“Dampak dari krisis talenta teknologi ini memengaruhi sumber daya dan produktivitas," katanya.

Sementara, berdasarkan survei Robert Walters, terungkap bahwa di Asia Tenggara untuk mencari dan mempekerjakan talenta teknologi merupakan hal yang sulit, memakan waktu, namun sangat penting dan berpengaruh pada kesuksesan bisnis.

 

Rekomendasi

Terkait