real
        time web analytics

Info

Lagarde Bakal Jadi Perempuan Pertama yang Pimpin Bank Sentral Eropa


Christine Lagarde. (The National)

TOPCAREER.ID – Christine Lagarde, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) dicalonkan sebagai Presiden Bank Sentral Eropa. Lagarde mungkin akan menjadi perempuan pertama yang memimpin ECB. 

Lantaran pencalonanannya itu, Lagarde perempuan kebangsaan Perancis ini memutuskan melepas jabatannya sebagai orang nomor satu di IMF. 

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, dicalonkan sebagai Presiden Bank Sentral Eropa (ECB). Untuk itu, dia pun memutuskan melepas jabatannya saat ini sebagai orang nomor satu di IMF. 

“Saya merasa terhormat telah dinominasikan untuk Kepresidenan Bank Sentral Eropa. Mengingat hal ini, dan dalam konsultasi dengan Komite Etika Dewan Eksekutif IMF, saya telah memutuskan untuk sementara waktu melepaskan tanggung jawab saya sebagai Direktur Pelaksana IMF selama periode pencalonan," ujar Lagarde dalam keterangan resmi IMF.

Dalam ECB, dia akan menggantikan Mario Draghi, yang masa jabatannya delapan tahun berakhir pada 31 Oktober 2019.

Nominasi Lagarde adalah bagian dari perjanjian para pemimpin Uni Eropa (UE) tentang kepemimpinan masa depan lembaga-lembaga Uni Eropa.

Hal ini juga termasuk mengusulkan Menteri Pertahanan wanita Jerman Ursula von der Leyen menjadi Presiden Komisi Eropa berikutnya.

Pada 5 Juli 2011, Lagarde menjadi Direktur Pelaksana IMF ke-11 dan wanita pertama yang memegang posisi itu. Dia terpilih untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai direktur pelaksana IMF yang dimulai pada 5 Juli 2016. 

Lagarde yang mengawali kariernya sebagai pengacara sebelumnya mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur konsultan hukum internasional Baker & McKenzie pada tahun 1999 sampai 2004.

Dia kemudian memegang jabatan sebagai Menteri Ekonomi, Keuangan dan Pekerjaan, Menteri Pertanian dan Perikanan, hingga Menteri Perdagangan Perancis.

 

Rekomendasi

Terkait