real
        time web analytics

Info

Langkah Sederhana Keluar dari Lilitan Utang


TOPCAREER.ID – Pusiiing….kalau tagihan utang sudah menanti dari mana-mana. Memang, berutang mulanya menyenangkan, tapi lama-lama malah enggak bisa ngapa-ngapain. Bahkan, kasus-kasus yang kini hangat, tak sedikit orang yang menyudahi hidupnya karena terlilit utang. Coba lepaskan utang-utangmu dengan 4 cara ini.

Langkah 1: Berhenti membeli secara kredit

Kredit sangat mudah disalahgunakan. Lagipula, membeli barang-barang sama sekali legal walaupun kamu tidak memiliki uang tunai untuk membayarnya. Satu gesek dan apa pun itu adalah milikmu. Langkah pertama untuk keluar dari utang adalah berhenti menggunakan kredit. 

Anda dapat memikirkannya seperti ini: setiap kali Anda menggunakan kredit, Anda menghasilkan lebih banyak utang. Tetapi yang Anda inginkan adalah berkurangnya hutang, tidak lebih! Jika masih belum nyaman membawa uang tunai, kamu bisa simpan di kartu debit.

Langkah 2: Coba aturan 50-30-20

- Gunakan 50 persen penghasilan Anda untuk pengeluaran tetap seperti sewa, pinjaman mobil, pinjaman pelajar, internet, dan lain-lain.

- Gunakan 30 persen dari penghasilan Anda untuk pengeluaran variabel seperti utilitas, bahan makanan, kesenangan.

- Gunakan 20 persen dari penghasilan Anda untuk menabung.

Di sini, pembayaran utang Anda seimbang dengan menabung karena suatu alasan. Ketika kamu tidak ingin terus-terusan terjerat dalam utang, kamu mungkin akan mulai membuat dana darurat,. Atau mencari cara bagaimana mendapatkan dana darurat dengan terjangkau, tentu tidak dengan utang. 

Langkah 3: Mulai bikin anggaran dan patuhi itu

Ya, mungkin membuat anggaran bukan hal menyenangkan agar bisa keluar dari utang. Cara terbaik untuk memulai penganggaran adalah dengan menghitung pengeluaran dan penghasilan selama enam bulan terakhir Anda dan kemudian bagi dengan enam. Ini memberi Anda rata-rata dari apa yang telah Anda belanjakan per kategori serta penghasilan rata-rata.

Selanjutnya, sorot item yang tidak penting (di sini, pikirkan langganan Netflix, makan di luar, belanja pakaian). Item yang tidak penting adalah di mana Anda bisa berhenti menghabiskan di luar kemampuan Anda.

Langkah 4: Buat bagan “selamat tinggal utang”

Satu demi satu kamu lunasi utangmu yang sudah ada di dalam daftar kelam. List setiap sumber utang secara berurutan dari yang terburuk hingga yang terbaik di grafik Anda. Kemudian silangkan setiap utang dari daftar saat Anda melunasinya.

 

Rekomendasi

Terkait