real
        time web analytics

Info

Lensa Kamera yang Tepat untuk Fotografer Pemula


TOPCAREER.ID – Perlengkapan kamera memang sangat menunjang kerja bagi seorang fotografer, seperti lensa. Tapi, untuk fotografer pemula mungkin tak perlu memaksakan diri langsung menggunakan lensa profesional. 

Lensa sederhana bagi pemula bisa dimanfatkan sebaik-baiknya untuk banyak belajar seputar fotografi.  Berikut adalah lensa yang dibutuhkan oleh fotografer pemula untuk menunjang kebutuhan fotografi seperti dilansir dalam laman Kinibisa

1. Lensa Zoom

Lensa zoom adalah lensa yang memiliki focal length yang dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Dengan lensa ini, pengguna bisa mengatur jauh dekatnya foto yang akan diambil. Lensa zoom yang banyak dipakai oleh pemula adalah lensa Kit. 

Lensa Kit adalah lensa yang didapat bersamaan dengan kamera dalam satu box atau bisa disebut sebagai ‘lensa bawaan’. Lensa zoom yang banyak dimiliki oleh kalangan fotografer yaitu pada dasarnya memiliki panjang 18mm dan berakhir pada panjang 55mm. 

Lensa zoom ini juga merupakan lensa yang terkenal dengan fleksibilitasnya karena lensanya yang sangat simple dan Anda tidak perlu ‘gonta – ganti’ untuk mengatur focal length yang akan ditujukan pada objek gambar. Dapat dikatakan bahwa lensa zoom ini sudah komplit.

2. Lensa Fix

Lensa fix adalah lensa yang tidak bisa mengatur focal length, bisa dibilang lensa jenis ini adalah kebalikannya dari lensa zoom. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pada dasarnya lensa fix justru memiliki kualitas yang lebih bagus daripada lensa zoom.

Hal ini dikarenakan setelan awalnya yang sudah tidak bisa diubah, menjadikan komponen yang ada pada lensa fix sudah tersusun secara totalitas. Walaupun harganya terbilang sama persis seperti lensa zoom. 

Kekurangan dari lensa fix adalah kurangnya fleksibilitas (tidak bisa mengatur jauh dekatnya gambar yang akan diambil) tetapi bagus dalam masalah pengambilan kualitas gambar.

 

Rekomendasi

Terkait