real
        time web analytics

Info

Lulusan SMK Kesehatan Perlu Diberi Latihan Pendamping Lansia


TOPCAREER.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengusulkan para lulusan SMK Kesehatan di Jakarta diberi pelatihan sebagai pendamping lanjut usia (lansia) atau caregiver. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik usulan itu.

Nila menyampaikan itu saat memberikan sambutan di awal pembukaan workshop kesehatan lansia di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Menurut Nila, lulusan SMK belum bisa dikategorikan sebagai perawat karena masih ada beberapa batasan-batasan terkait keahliannya. Karena itu, Nila mengusulkan agar lulusan SMK diberi pendampingan untuk menjadi caregiver.

"Saya juga mulai berpikir apa yang bisa mereka lakukan sebagai tamat SMK, hanya kepandaian, tentu bukan sebagai tugas perawat, jadi tentu membantu di sini dalam hal ini (menjadi caregiver), misalnya kita bisa memelihara orang sakit dan sebagainya," kata Nila.

Nila berharap Pemprov DKI bisa memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para siswa lulusan SMK Kesehatan itu. Sebab, di Indonesia masih kurang tenaga kerja lansia.

"Tentu itu untuk caregiver pun internal kita sangat diperlukan. Bukan hanya dikirim ke luar negeri, tapi juga memikirkan dalam negeri," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan menyambut baik usulan Nila. Anies mengatakan saat ini Pemprov DKI telah menyiapkan tempat untuk pelatihan para caregiver.

"Bila ini ini memang jadi sesuatu yang dibutuhkan, kita akan senang hati mengembangkan. Karena begitu ada kebutuhan caregiver, artinya harus kita segera siapkan. Banyak dari mereka mereka yang terlatih untuk caregiver memang pergi ke luar negeri, sementara di Jakarta atau di Indonesia dibutuhkan. Jadi Jakarta siap untuk memperluas cakupan SMK-nya untuk men-cover aspek caregiving," kata Anies.               

Rekomendasi

Terkait