real
        time web analytics

Info

Makanan yang Cegah Lemas Saat Puasa


TOPCAREER.ID – Kamu suka merasa lemas atau ngantuk kah saat puasa? Hal-hal seperti itu akhirnya bisa membuat produktivitas menurun. Tapi, sebenarnya lemas dan ngantuk saat puasa itu bisa disiasati dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, perhatikan makananmu agar tetap fokus saat puasa. 

1. Bayam

Sayuran ini kaya akan folat yang bisa menjaga otak tetap berfungsi secara maksimal. Selain itu, kekurangan asupan folat dapat membuat seseorang cenderung depresi. Rasa depresi ini bisa mengubah zat kimia di otak dan menghabiskan energi tubuh. 

2. Telur

Menyantap telur sebagai menu sahur akan membuat energi meningkat yang menjaga kita tetap kenyang dan fokus sepanjang hari. Telur mengandung berbagai nutrisi seperti protein dan lemak sehat. Sehingga proses pelepasan oleh tubuh pun berlangsung dengan lambat. 

3. Ikan salmon

Salmon adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Cobalah mengkombinasikan ikan salmon panggang dengan potongan alpukat untuk menu sahur yang sehat, mengenyangkan, dan anti kantuk.

4. Alpukat

Buah yang satu ini mampu meningkatkan kadar lutein di otak yang terkait dengan peningkatan proses kognisi. Kandungan lemak jenuh tunggalnya bisa memperlancar saraf pembawa informasi di otak sehingga kita bisa tetap fokus.

Bukan itu saja, alpukat juga mengandung serat yang sangat tinggi. Ini membuat kita merasa kenyang lebih lama dan memperlambat pelepasan energi tubuh sehingga tetap bertenaga.

5. Apel

Selama bulan Ramadhan, tambahkan buah apel sebagai menu sahur. Apel kaya akan serat dan gula alami yang bisa berfungsi sebagai sumber energi tubuh.

Dalam Journal of Alzheimer's Disease disebutkan, konsumsi jus apel bisa meningkatkan neurotransmiter penting bernama acetychline. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa peningkatan jumlah acetylcholine dapat meningkatkan memori pada tikus penderita demensia.

 

Rekomendasi

Terkait