real
        time web analytics

Info

Mandi Malam Bisa Jadi Obat untuk Para Insomnia


TOPCAREER.ID - Apakah kamu sering mandi malam setelah melakukan aktivitas di siang hari? Bagi yang menderita insomnia, para ahli menyarankan untuk mandi malam demi kesehatan. Itu salah satu kebaikan yang mungkin bisa diambil dari mandi malam.

Dr. Janet K. Kennedy, a clinical psychologist and sleep expert di New York menyarankan kepada penderita insomnia untuk mandi di malam hari, sekitar 90 menit sebelum tidur.

“Tubuh secara alami mendingin saat mendekati tidur, selaras dengan ritme sirkadian. Mandi secara artifisial meningkatkan suhu lagi dan memungkinkan pendinginan lebih cepat, yang tampaknya mempercepat tidur,” kata Dr. Janet.

Lebih lanjut ia mengatakan, mandi juga merupakan cara yang baik untuk melepas lelah dan melepaskan ketegangan otot sehingga bisa membantu tidur.

Tapi, kata dia, jangan senang dulu, karena mandi berlama-lama dan beruap atau menguras pemanas air dapat merusak kulit Anda.

Gary Goldenberg, seorang dokter kulit di New York dan seorang profesor di Sekolah Kedokteran Icahn di Mount Sinai, merekomendasikan mandi maksimal 5- 10 menit dengan air hangat untuk kebanyakan orang.

“Mandi air panas cenderung mengambil minyak dari kulit Anda, dan cenderung mengiritasi kulit Anda. Semakin lama Anda berada di air, semakin tinggi kemungkinannya mengeringkan kulit Anda. Itu berlaku untuk pemandian juga,” katanya.

Meskipun tidak ada manfaat lingkungan yang intrinsik untuk mandi di pagi atau malam hari, beberapa penyedia listrik seperti Con Edison di New York telah mengurangi tarif untuk penggunaan malam hari.

“Jika air dipanaskan menggunakan listrik, mungkin ada peluang untuk tagihan listrik yang lebih rendah," kata Ms. Dickinson.

Rekomendasi

Terkait