real
        time web analytics

Info

Manfaat Saingan di Tempat Kerja


TOPCAREER.ID – Tak melulu persaingan di tempat kerja menjadi sesuatu yang negatif. Kondisi tersebut nyatanya bisa sebaliknya, yakni baik bagi perkembangan karier seseorang seperti disajikan Inc dan Theladders.

Sadar Kekurangan dan Kelebihan

Apakah Anda tahu orang yang paling memahami Anda di tempat kerja? Ya, pesaing Anda sendiri. Dia adalah orang yang selalu memperhatikan setiap saat sehingga mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda.

Kalau Anda bisa mengubah pesaing di tempat kerja menjadi teman di luar kantor, maka bisa mendapatkan keuntungan. Ia adalah orang yang akan mengakui keunggulan Anda. Ia juga tidak ragu mengatakan kekurangan Anda meski hal itu akan menyakitkan.

Tingkatkan Motivasi 

Profesor Manajemen dari Universitas New York, Gavin Kilduff meneliti tentang persaingan di berbagai bidang. Ia mendapati bahwa seorang pelari bisa memangkas catatan waktunya hingga 25 detik ketika memiliki saingan dibandingkan saat berlari sendiri. 

Menurut Kilduff, hal itu menunjukkan bahwa seseorang lebih termotivasi dan ingin tampil lebih baik jika dihadapkan dengan orang lain yang dianggap saingan. Pada penelitian lainnya, ada bukti yang menunjukkan bahwa pengendara sepeda melaju lebih cepat saat melawan saingan daripada mengendarai sepeda sendiri untuk mendapat catatan waktu tertentu.

Di dunia kerja, perusahaan bisa menciptakan budaya persaingan dengan menampilkan papan peringkat yang menunjukkan prestasi pekerja, atau dengan iming-iming hadiah. Hal ini mendorong setiap pekerja berusaha mengungguli rekan-rekannya.

Terbiasa dengan Kegagalan

Terkadang, Anda berhasil memenangkan kompetisi dan mengalahkan para pesaing. Di lain waktu, Anda juga bisa terjerembab dalam kekalahan. Poin ini bukannya mau mengajarkan Anda untuk membiarkan diri gagal berulang kali.

Pengalaman “jatuh” seharusnya bisa membuat Anda belajar memperbaiki kesalahan. Selain itu, Anda juga bisa menghadapi kegagalan dengan cara yang dewasa, bukan meratapinya saja. Dan, ketika berhasil mengalahkan pesaing, Anda akan lebih menghargai kemenangan, namun tetap bersikap rendah hati.

Meningkatkan Kemampuan Analisis

Ketika berusaha mengalahkan pesaing, Anda akan mempelajari kelebihan dan kekurangan lawan. Anda akan meneliti data dan fakta mengenai pesaing agar bisa menilainya secara objektif.

Kebiasaan bersaing sehat seperti ini berguna untuk mengasah kemampuan analisis Anda. Di kemudian hari, Anda akan selalu mengambil pendekatan berbasis bukti untuk menyelesaikan masalah dalam pekerjaan.

Rekomendasi

Terkait