real
        time web analytics

Info

Masih Boros Habis Gajian? Coba Irit Pakai Cara ini


TOPCAREER.ID – Ketika gaji sudah di tangan, keinginan untuk beli ini itu emang susah dibendung. Padahal rencananya mau nabung, tapi akhirnya cuma jadi wacana. Pengin irit pengeluaran setelah gajian? Cek tips berikut ini. 

1. Cek Internet

Catat apa saja internet service provider yang tersedia di daerah Anda, dan lihat mana yang termurah dengan layanan yang terbaik. Coba hubungi provider Anda saat ini jika diketahui bikin boros

“Katakan bahwa kamu ingin menutup layanan internet karena kamu menemukan layanan lain dengan harga yang lebih bersaing,” ujar ahli finansial sekaligus pengarang buku Broke Millennial, Erin Lowry. Biasanya, mereka akan berusaha agar Anda tetap berlangganan dengan menawarkan harga yang lebih menarik.

2. Lihat Kembali Rencana Liburanmu

Berencana untuk traveling? Jangan malas untuk mengecek website yang menawarkan potongan harga, baik untuk hotel maupun pesawat. Sedikit bocoran: jika tanggal traveling Anda fleksibel, last-minute bookings justru lebih menguntungkan, karena harganya akan jauh lebih murah. Ingat, tak ada pesawat atau hotel yang ingin fasilitasnya kosong begitu saja.

3. Gym Memberships

Kebanyakan orang akan mencatat satu per satu harga untuk berlangganan gym di berbagai lokasi, lalu membandingkan mana yang termurah. Coba cara baru ini. Di akhir bulan, coba jalan-jalan sambil lewati gym yang memang sudah diincar (biasanya dekat dengan kantor atau rumah untuk menghemat biaya transportasi), dan biarkan sales-nya menawarkan Anda program membership. 

Katakan bahwa Anda tertarik jika mereka bisa memberikan harga yang lebih bersaing. Biasanya untuk mencapai target bulanan yang diinginkan, mereka akan memberikan harga yang lebih menarik.

4. Biaya lain yang menyebalkan

Semisal, biaya tahunan kartu kredit yang bisa dinegosiasikan. Telepon layanan kartu kredit Anda dan katakan, “Saya ingin menutup kartu kredit saya, karena terhitung bulan depan akan ada tagihan tahunan,” saran Julian Mark Kheel, penulis senior di The Points Guy. 

“Seringnya, jika Anda ‘rajin’ menggunakan kartu kredit tersebut, pihak bank akan member Anda gratis biaya tahunan selama jangka waktu tertentu.”

 

Rekomendasi

Terkait