real
        time web analytics

Info

Mending Hindari Pakaian Ini Saat Wawancara Kerja


TOPCAREER.ID – Berpakaian saat interview kerja memang enggak harus mengenakan baju yang super trendy atau baru. Tapi setidaknya tetap ada pakem-pakem yang tetap dijaga. CEO situs pencarian lowongan kerja Ladders, Marc Cenedella menyarankan untuk menghubungi pihak perusahaan sebelum wawancara kerja.

Ia menilai hal itu demi memperoleh informasi mengenai busana yang biasanya dikenakan pegawai di perusahaan itu. Ada jenis-jenis pakaian yang tidak boleh digunakan saat wawancara kerja, apa saja?

1. Busana yang mudah kusut 

“Pastikan (busana Anda) bersih, tidak kusut, dan Anda merasa busana itu menampilkan sisi terbaik Anda. Sebab, orang-orang membuat asumsi tentang Anda sebelum Anda duduk di dalam ruangan dan mulai berbicara," ujar Betsy Aimee, produser konten digital tentang mode di tempat kerja dan kewirausahaan. 

2. Busana yang tidak pas dan bernoda 

Hindari mengenakan busana yang terlalu ketat, kebesaran, atau ada nodanya. Busana yang Anda kenakan saat wawancara kerja haruslah membuat kepercayaan diri meningkat. Oleh karenanya, jangan mengenakan busana yang membuat Anda tidak nyaman. Pastikan juga Anda tidak "salah kostum." 

“Beberapa kesalahan yang paling banyak dibuat ketika berbusana untuk wawancara kerja adalah mengikuti saran lama dan ketinggalan zaman atau tidak melakukan riset maupun bertanya tentang budaya perusahaan," ujar Cenedella dalam Business Insider.

3. Mengenakan busana warna cerah 

“Jika Anda berangkat dengan menumpang moda transportasi publik atau punya kebiasaan menumpahkan kopi pada kemeja Anda, hindari mengenakan busana warna cerah," saran Barbara Pachter, penulis buku The Essentials of Business Etiquette. 

Pachter menuturkan, busana yang bernoda sangat tidak dianjurkan dikenakan saat wawancara kerja. Busana berwarna gelap adalah pilihan terbaik karena noda akan tersamarkan. 

4. Busana yang terlalu modis 

Kecuali jika Anda diwawancara untuk posisi pekerja di industri mode, ada baiknya Anda berpenampilan tetap sedikit konservatif. Pilihlah warna netral atau nuansa warna bumi, riasan dan perhiasan sederhana, serta motif yang tak berlebihan. Ini berdasarkan saran para pakar. 

5. Celana jins dan T-shirt 

Bahkan apabila Anda akan wawancara dengan bos Facebook Mark Zuckerberg yang hobi mengenakan celana jins dan T-shirt alias kaos oblong, Anda jangan mengenakan busana semacam itu. Jika Anda tahu perusahaan yang Anda lamar memiliki aturan berbusana yang longgar, jangan pula kenakan jas. Penampilan Anda juga jangan lebih santai dari para pegawai di perusahaan itu. 

6. Perhiasan adan aksesoris yang berlebihan 

Pachter menyarankan Anda memilih tatanan rambut, warna kuku, dan riasan yang sederhana dan ringan. Sesi wawancara kerja bukanlah ajang untuk memamerkan riasan atau aksesoris yang nyentrik. Ia juga menyarankan para pria memilih jam tangan yang menarik namun memiliki desain yang sederhana nan elegan. 

7. Dasi bermotif aneh atau warna hitam 

Para pakar menyarankan Anda tidak mengenakan dasi dengan motif aneh atau terlalu meriah saat wawancara kerja. Anda juga sebaiknya tak mengenakan dasi warna hitam. Sebab, dasi hitam sebaiknya hanya dikenakan pada acara khusus black tie. Sebaliknya, lebih baik Anda pilih dasi dengan warna biru tua, merah, abu-abu, atau motif dengan nuansa warna-warna tersebut.

 

Rekomendasi

Terkait