real
        time web analytics

Info

Mengenal Profesi Auditor di Ranah Akuntansi


TOPCAREER.ID – Salah satu jenis profesi yang layak dijadikan pilihan dalam bidang akuntansi, yakni auditor. Jenis profesi akuntansi auditor menjanjikan sebuah pekerjaan yang menantang dan masa depan yang cerah.

Sebelum jauh, coba kenalan dengan profesi ini mulai dari kegiatan audit itu sendiri. Audit adalah suatu aktivitas untuk meng-evaluasi pekerjaan, organisasi, sistem, proses atau produk dengan menggunakan kriteria tertentu.

Tujuannya adalah untuk menentukan bahwa semua aktivitas tersebut sudah sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dan auditor adalah orang yang melakukan aktivitas evaluasi tersebut.

Lantas sebelum menjadi seorang auditor andal, Anda terlebih dahulu memiliki konsep-konsep dasar akuntansi dan auditing. Oleh karena itu calon auditor harus memperoleh pendidikan formal di bidang akuntansi. Atau manajemen keuangan dan kemudian mengikuti pendidikan berkelanjutan tentang akuntansi dan auditing.

Misalnya dengan mengikuti program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian Certified Public Accountant dan atau Certified Internal Auditor.

Ada dua macam auditor, yaitu:

Internal auditor, adalah auditor yang bekerja pada perusahaan tertentu.

Eksternal auditor. adalah auditor yang bekerja pada perusahaan yang menyediakan jasa audit independen.

Pada dasarnya dua jenis profesi akuntansi tersebut memiliki persamaan, yaitu untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Yang membedakannya adalah hasil akhir auditnya.

Auditor eksternal memberikan opini atas laporan keuangan perusahaan misalnya wajar atau tidak wajar.

Internal auditor berdasarkan hasil dari auditnya. ia akan memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen mengenai tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistim pengendalian intern-nya dan pemerintah (departemen keuangan).

 

Rekomendasi

Terkait