real
        time web analytics

Info

Meski Akrab, Jangan Bilang Kalimat Ini ke Atasan


TOPCAREER.ID – Menjalin hubungan baik dengan atasan atau bos memang penting. Tapi, meski sudah berhubungan baik dengan bos, Anda baiknya tak mengeluarkan kata-kata atau pembicaraan berikut ini karena akibatnya bisa merusak karier. 

“Penting untuk tetap sadar tentang apa yang Anda katakan pada atasan. Keceplosan sedikit saja bisa menghancurkan karier Anda," kata Ryan Kahn, pakar karier dan penulis buku Hired! The Guide for the Recent Grad seperti dikutip dari Business Insider. 

Berikut ini adalah sejumlah contoh kalimat yang sebaiknya tidak Anda katakan kepada atasan Anda.

1. Membicarakan topik politik 

Pembicaraan yang berbobot memang diharapkan terjadi di kantor, namun topiknya harus fokus hanya terkait pekerjaan. Argumen tentang kandidat calon presiden yang lebih baik, misalnya, dapat mengganggu rekan-rekan kerja di kantor. 

2. "Itu tidak mungkin" 

Atasan Anda tidak mau mendengar hal negatif atau kurang keyakinan dari bawahannya. Jika Anda memiliki permasalahan, jangan ragu meminta masukan daripada menyatakan sesuatu tak mungkin dilakukan. 

“Pastikan komentar dan pertanyaan Anda merefleksikan nada positif, optimis, dan percaya diri. Ingatlah bahwa jika Anda tak memperhatikan kata-kata, maka (karier) Anda akan tenggelam. Jadi, pilihlah kata-kata secermat mungkin ketika Anda merasa ditantang dalam karier Anda dan jika Anda ingin menggenjot karier,” jelas Lynn Taylor, pakar lingkungan kerja. 

3. "Anda salah"

Mengkritik atau menunjuk kesalahan atasan secara terbuka, bahkan jika beliau sudah dekat dengan Anda, adalah pukulan telak terhadap egonya. Ini pun akan membuat Anda tak dihiraukan ketika nanti Anda meminta waktu untuk menjelaskan sesuatu, kata Rosalinda Oropeza Randall, pakar etiket. 

“Apabila Anda merasa atasan Anda melakukan kesalahan, ada cara yang lebih baik untuk menjelaskan ini," ujarnya. Hal yang bisa Anda katakan adalah, "Saya salah menerima informasi tentang ini, tetapi saya merasa ini adalah tentang...." 

4. "Saya tidak bisa" 

Meskipun Anda sudah akrab dengan atasan, bukan berarti bahwa Anda bisa menolak dan jangan kaget jika Anda tidak akan diminta mengerjakan proyek penting berikutnya. 

5. "Itu bukan bagian dari pekerjaan saya" 

“Tim yang fungsional masih terjadi saat ini, (sehingga) Anda diharapkan fleksibel dan membuat hidup atasan Anda lebih mudah. Sisi baiknya, semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, maka Anda semakin dibutuhkan,” tutur Taylor. 

Adapun Kahn menuturkan, mengatakan bahwa Anda tak mau mengerjakan tugas di luar pekerjaan Anda menunjukkan pula bahwa Anda tidak bersedia terlibat dalam kesuksesan perusahaan. 

6. "Tidak tahu" 

Anda memang tidak diwajibkan punya jawaban untuk segala pertanyaan. Namun, tebakan terbaik dan janji untuk mencari tahu akan lebih baik ketimbang menyatakan bahwa Anda tidak tahu, terang Taylor.

 

Rekomendasi

Terkait