real
        time web analytics

Info

Meski Bergaji Besar, Profesi Ini Bakal Punah dalam Waktu Dekat


TOPCAREER.ID – Seiring berkembang zaman dan teknologi yang kian bertumbuh, tren profesi ikut berubah. Meski bergaji besar, tetap ada pekerjaan yang nantinya akan hilang tergerus zaman digital.  Mengutip dari CNBC Make It, terdapat tujuh jenis pekerjaan yang memiliki gaji tinggi yang akan berkurang 2 persen dalam beberapa tahun ke depan oleh kemajuan teknologi digital.

1. Petugas turbin di pembangkit listrik

Bergaji USD82.510 per tahun 

Kemajuan teknologi membuat ruang kontrol juga dimodernisasi. Dengan kecanggihan teknologi, jenis pekerjaan untuk petugas turbin pembangkit listrik akan hilang.  Pasalnya pekerja ini akan kesulitan menemukan pekerjaan pengganti dengan bayaran tinggi di bidang serupa. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 3 persen.

2. Konduktor kereta api

Bergaji USD60.300 per tahun

Konduktor adalah jenis pekerjaan mengelola kru di kereta barang dan penumpang. Mereka juga mengawasi pemuatan dan pembongkaran penumpang atau kargo yang aman dan benar. Tetapi penurunan permintaan untuk pengangkutan komoditas curah, seperti minyak dan batubara, membuat berkurangnya permintaan akan keterampilan mereka. Perkiraan penurunan di tahun 2026 sebesar 2 persen.

3. Petugas surat

Berpenghasilan USD74.840 per tahun 

Para pekerja ini menangani layanan operasional dan administrasi kantor pos. Kendati demikian, dengan kecanggihan teknologi dari sistem penyortiran otomatis, kotak surat klaster dan anggaran ketat akan secara drastis mengurangi jumlah pekerja pos pada tahun 2026 mendatang. Perkiraan penurunan pekerjaan ini tahun 2026 sebesar 21 persen.

4. Operator pabrik kimia

Rata-rata gaji USD62.170 per tahun 

Operator pabrik kimia mengawasi dan mengoperasikan proses kimia hingga sistem mesin yang digunakan pabrik. Tetapi kombinasi peningkatan efisiensi di pabrik dan tekanan untuk menjadi lebih ramah lingkungan, telah mengakibatkan lebih sedikit pekerja yang dibutuhkan untuk mengelola pabrik kimia. Perkiraan penurunan pekerjaan tahun 2026 sekitar 9 persen.

5. Petugas pemadam kebakaran kereta

Rata-rata gaji USD60.360 per tahun 

Dalam beberapa tahun ke depan, lebih dari tiga perempat orang yang memegang gelar ini akan menganggur. Pekerjaan instrumen kereta api akan lebih banyak diserahkan kepada otomatisasi atau insinyur. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 79 persen.

6. Petugas asuransi

Rata-rata gaji USD69.760 per tahun

Perusahaan asuransi saat ini mulai banyak menggunakan kemajuan teknologi dan perangkat lunak untuk meningkatkan aplikasi asuransi mereka. Penggunaan teknologi ini pun praktis karena dapat diproses oleh setiap pekerja secara individual, sehingga bakal mengurangi jumlah penjamin asuransi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perkiraan penurunan pekerjaan di tahun 2026 sebesar 5 persen.

7. Programmer komputer

Bergaji USD82.240 per tahun 

Berkat kehadiran internet maka perangkat yang didukung oleh internet, membuat pemrograman komputer dapat dilakukan dimana saja di dunia. Dan perusahaan tidak lagi mengandalkan kepada programmer dengan bayaran besar. Perkiraan penurunan pekerjaan ini pada 2026 sebesar 7 persen.

 

Rekomendasi

Terkait