real
        time web analytics

Info

Negara dengan Pemilik Startup Unicorn Terbanyak se-Asia


TOPCAREER.ID – Indonesia memang memiliki 4 perusahaan startup unicorn yang kini jadi kebanggaan, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Sementara Indonesia punya 4 unicorn, kira-kira negara mana yang memiliki startup unicorn terbanyak se-Asia? 

Perusahaan yang disebut unicorn, yakni startup yang memiliki nilai jual (valuasi) sebesar 1 miliar dollar (USD1 miliar), mungkin setara dengan Rp13 triliun atau lebih. Nah, negara pemegang unicorn terbanyak se-Asia ini adalah Cina. 

Seperti data yang dibagikan oleh Walk’s The Chat Analysis dan dipublikasikan di Tech Node, Cina memiliki 155 startup berstatus unicorn, dan 66 di antaranya berada di Beijing, sekitar 43 persen. 

Setelah Beijing, Shanghai jadi tempat kedua yang paling banyak dihuni oleh startup unicorn Cina, yakni sebanyak 38 perusahaan.

Dengan 66 unicorn di dalamnya, Beijing mampu mengumpulkan nilai valuasi hingga RMB1955 (Yuan). Dan tidak mengherankan, jika layanan internet merupakan industri yang terbesar dan paling cepat berkembang untuk perusahaan unicorn di Cina. 

Industri selanjutnya yang paling laris, yakni e-commerce dan keuangan online. Itu juga salah satu dari sebagian besar unicorn baru datang. 

Dalam hal penilaian, layanan internet, keuangan online, dan akun budaya & hiburan memiliki valuasi paling besar. Secara keseluruhan, ketiga industri ini merupakan 60 persen dari semua penilaian unicorn di Cina.

Walk’s The Chat juga menyebut bahwa 35 persen unicorn di Cina berumur kurang dari 4 tahun, dan hampir 40 persen (39,1 persen) dari mereka dipimpin oleh generasi pasca-80 atau pemimpin yang lebih muda, kini berusia di bawah 38 tahun. 

 

Rekomendasi

Terkait