real
        time web analytics

Info

Negara-Negara dengan Waktu Istirahat Kerja Terpanjang


TOPCAREER.ID – Berapa lama waktu istirahat kerja di kantor kamu? Rata-rata waktu istirahat di tempat kerja sekitar 1 jam, pun dengan di Indonesia, yakni pukul 12.00 hingga pukul 13.00 siang. Tapi, di beberapa negara berikut ini, istirahat kerjanya punya waktu yang lebih panjang. 

Melansir laman rd.com, berikut lima negara yang manjakan pegawai dengan waktu istirahat kerja terlama di dunia:

1. Brasil

Waktu istirahat kerja: 2 jam

Pegawai di Brasil tahu bagaimana memanfaatkan waktu istirahat kerjanya. Mereka akan mengatur waktu rapat di luar kantor pukul 10.30 hingga pukul 11.00 siang lalu istirahat makan siang selama dua jam. 

Tapi seperti di Spanyol, makan malam dimulai sangat larut membuat para pekerja dapat bekerja lagi kemudian.

2. China

Waktu istirahat kerja: 2 jam

Para pekerja di China menerima waktu istirahat selama 2 jam dimulai dari pukul 2 siang. Diawali dengan makan siang cepat dan ditutup dengan tidur siang. Sejumlah pabrik juga mengizinkan karyawan tidur siang selama 30 menit atau kurang.

3. Perancis

Waktu istirahat kerja: 2 jam

Tak hanya pegawai biasa, bahkan kebanyakan toko di kota dan pedesaan di Prancis tutup antara pukul 2 hingga 4 sore. Istirahat makan siang ini hampir serempak bagi anak-anak dan orang dewasa. Rata-rata warga Prancis membutuhkan waktu hingga 45 menit untuk menghabiskan makan siangnya.

4. Yunani

Waktu istirahat kerja: 3 jam

Waktu istirahat kerja yang panjang di Yunani tak hanya soal makan siang saja. Tapi juga lantaran waktu makan tradisional di negara tersebut.

Warga Yunani menganggap makan siang sebagai makanan terbesar dan penting sepanjang hari. Sebagian besar pegawai pulang untuk makan dan tidur siang sebelum kembali bekerja pukul 5 sore.

5. Spanyol

Waktu istirahat kerja: 3 jam

Siesta (tidur siang) asal Spanyol bukanlah candaan belaka. Sebagian besar perusahaan di Spanyol menyediakan waktu makan siang mulai pukul 2 siang hingga pukul 5 sore. Setelah itu, para pegawai melanjutkan kerja selama tiga jam sebelum pulang.

Rentang waktu tersebut dipilih lantaran cuaca sedang sangat panas dan menyebabkan produktivitas kerja pegawai berkurang. Tak heran, banyak pegawai yang memanfaatkannya untuk tidur siang di sela jam kerja.

 

Rekomendasi

Terkait