real
        time web analytics

Info

Oh Segini Toh, Batas Maksimum Nyetir Mobil Selama Mudik


TOPCAREER.ID - Untuk terus melakukan perjalanan mudik dengan nyaman dan aman, pengemudi perlu mengetahui batas maksimum nyetir selama arus mudik. Lantas berapa durasi maksimum menyetir saat mudik?

Menurut Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), pengemudi idealnya memiliki kekuatan tubuh dan konsentrasi dalam mengemudikan mobil tak lebih dari 10 jam.

"Mengemudi idealnya hanya bisa dilakukan pengemudi dengan rentang waktu maksimum 10 jam, lebih dari waktu tersebut, tubuh tidak dianjurkan mengemudi melebihi batas waktu tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, diperlukan manajemen waktu meski mengemudi dengan batas maksimum 10 jam, dimana setiap perjalanan dua jam, dianjurkan untuk melakukan relaksasi atau istirahat sesaat.

Bahkan menurutnya agar kondisi pengemudi tetap segar dan tidak lelah beberapa manajemen perjalanan khususnya pengaturan istirahat harus dilakukan.

Waktu istirahat pun berbeda-beda setiap dua jam berkendara. Hal ini dikarenakan selama lama waktu perjalanan, kondisi tubuh juga semakin menurun.

Adapun waktu istirahat yang direkomendasikan antara lain,  Istirahat pada dua jam pertama lakukan selama 15 menit; Dua jam kedua lakukan istirahat selama 30 menit; dan Dua jam berikutnya tubuh membutuhkan istirahat minimal selama satu jam.

Ia menambahkan, dengan waktu istirahat yang cukup, dinilai bisa membantu stamina tubuh pengemudi dalam melakukan perjalanan meski tetap menjalankan ibadah berpuasa.

"Jika pengemudi memaksakan diri mengemudi melebihi batas kemampuan tubuh, dikhawatirkan bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara yang berakibat terhadap risiko kecelakaan," pungkasnya.

Rekomendasi

Terkait