real
        time web analytics

Info

Pekerja Salon Kuku Dihantui Zat Berbahaya


TOPCAREER.ID – Para pekerja salon kuku ternyata rentan terpapar kandungan karsinogenik yang bisa membahayakan kesehatan bagi mereka. Karsinogenik sendiri adalah zat yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Hal itu seperti kajian yang diterbitkan dalam jurnal Envorimental Pollution. Dikutip dari Next Shark, studi ini mengkaji hubungan efek bahan kimia dengan kesehatan pekerja salon kuku.

Para peneliti di Universitas of Colorado, Amerika Serikat, meneliti kadar bahan kimia yang dikenal sebagai senyawa organik. Salah satunya adalah kandungan formaldehida—bahan pengawet yang dikenal sebagai zat karsinogen.

“Studi ini memberikan bukti keras bahwa lingkungan ini berbahaya bagi pekerja,” kata penulis utama studi, Lupita Montoya.

Montoya meminta ada kebijakan khusus untuk melindungi para pekerja salon kuku. Kebijakan ini diharapkan bisa melindungi kesehatan para pegawai salon kuku.

Menurut Montoya, lebih dari 90 persen salon kuku adalah bisnis kecil. Mereka juga jarang punya sumber daya untuk menegakkan praktik kesehatan dan keselamatan staf. Sebagaian besar salon kuku juga enggan untuk ambil bagian dalam percobaan penerapan kesehatan dan keselamatan staf.

Pada 2017, Montoya dan tim mampu meyakinkan enam salon di Colorado untuk menjadi peserta studi. Dalam kajian ini, ditemukan bahwa udara dalam salon mengandung formaldehida dan senyawa beracun lainnya. 

Sementara, kandungan lainnya adalah Benzena yang dikaitkan dengan kanker darah. Para ilmuwan memodelkan dampak peningkatan paparan benzena dan formaldehida selama 20 tahun pada risiko pekerja untuk memunculkan kanker apa yang bisa ditimbulkan.

Tak banyak pengaruh ke pelanggan

Para ilmuwan memperingatkan bahwa paparan yang terlalu lama memiliki efek yang mirip dengan bekerja di kilang minyak atau garasi yang berisiko terkena kanker lambung, kerongkongan, dan paru-paru karena paparan asbes.

Namun, para peneliti mencatat bahwa ini tidak menimbulkan banyak bahaya bagi pelanggan. Hal ini disebabkan oleh faktor waktu. Dikatakan bahwa pelanggan menghabiskan sebagian kecil waktunya di salon kuku.

“Itu benar-benar tergantung pada berapa banyak waktu yang Anda habiskan di dalam dan sekitar lingkungan itu. Pelanggan menghabiskan sebagian kecil waktunya di salon seperti yang dilakukan para pekerja. Kecuali mereka memiliki alergi atau asma yang cukup parah, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan pelanggan,” kata dia.

Montoya merekomendasikan kayu atau batubara yang sudah diolah khusus di salon kuku. Dua barang ini bisa menyerap bahan kimia yang ada di udara melalui difusi pasif.

 

Rekomendasi

Terkait