real
        time web analytics

Info

Peluang Jadi Broker Saham Daerah


TOPCAREER.ID – Guna menggenjot pertumbuhan pasar modal dan investor pasar modal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera membuat aturan untuk mendirikan perusahaan efek (broker) daerah. Hal ini tentu akan menjadi peluang bagi profesi broker di daerah.

Seperti diketahui, rencana OJK itu digagas sebagai upaya untuk memperluas sebaran jumlah investor terus digagas oleh regulator dan otoritas pasar modal. Struktur sebaran investor yang mayoritas di Jakarta atau di Pulau Jawa membuat manfaatnya tidak tersebar ke daerah-daerah.

“Untuk menjembatani dan memecahkan masalah tersebut. Agar tidak jakarta sentris, kami akan buat peratuan untuk mendirikan perusahaan efek daerah di didaerah," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen.

Secara teknis, keberadaan perusahaan efek daerah akan menjadi tempat untuk membuka rekening bagi calon investor di daerah. Perusahaan efek daerah belum bisa melaksanakan transaksi secara langsung.

"Kalau mau transaksi langsung belum bisa, tetap harus melalui perusahaan efek yang sudah mendapat izin dan menjadi anggota bursa," jelas Hoesen.

Permodalan atau modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) akan ditetapkan lebih kecil dibandingkan perusahaan efek yang menjadi anggota bursa yang mendapatkan izin pedagangan perantara efek.

Selain itu, lanjut Hoesen, untuk mendapatkan sumber daya manusia yang akan menjadi pengelola perusahaan efek daerah, OJK akan memberikan kemudian untuk melakukan ujian profesi secara online.

OJK akan meminta The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal Indonesia (LSPPMI) untuk menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi pasar modal secara online.