real
        time web analytics

Info

Peluang Karier Industri Ramah Lingkungan


TOPCAREER.ID - Industri ramah lingkungan belakangan ini menjadi sorotan banyak kalangan. Berkarier di industri ini juga dinilai sangat potensial ke depannya.

Tenaga surya

Berdasarkan laporan IRENA, solar photovoltaic (PV) muncul sebagai sektor terbesar dari industri ramah lingkungan dalam menghasilkan lapangan pekerjaan pada tahun 2016 dengan 3,1 juta lapangan pekerjaan (meningkat 12 persen dari tahun 2015). Lapangan kerja ini terutama untuk beberapa negara seperti China, Amerika Serikat dan India.

Amerika Serikat mencatat pertumbuhan sebesar 24,5 persen untuk lapangan pekerjaan di industri tenaga surya ini dari tahun sebelumnya, meningkat 17 kali lebih cepat dari keseluruhan bidang ekonomi jika disatukan.

Di sisi lain yang bersamaan, Komisi Eropa melaporkan bahwa produksi sel tenaga surya dan sistem fotovoltaik telah berlipat ganda setiap dua tahun sekali dalam beberapa dekade terakhir. Dengan lebih dari 40.000 pekerja tenaga surya yang bekerja di Jerman, Eropa menghasilkan setidaknya 30 persen tenaga fotovoltaik dunia. Pengguna utama lainnya termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

Hal ini membuat Teknisi Tenaga Surya sangat dicari, karena para pemimpin industri terus berupaya menurunkan biaya dan meningkatkan efisiensi agar PV mengambil alih sebagai sumber pasokan listrik utama.

Angin

Pertumbuhan pekerjaan di industri energi angin secara global meningkat sebesar 7 persen berkat adanya pekerjaan instalasi energi angin yang baru. Sumber energi ramah lingkungan ini telah menciptakan total 1,2 juta lapangan kerja baru.

Statistik Administrasi Informasi Energi AS pada tahun 2010 menunjukkan bahwa industri energi angin tumbuh dari 28 persen menjadi 60 persen per tahun, menghasilkan 2,3 persen dari total produksi listrik negara. Di depan UE, Asosiasi Energi Angin Eropa melaporkan bahwa 6,3 persen listrik di wilayah ini pada tahun 2011 bertenaga angin.

Pekerja di industri energi angin memainkan peran penting dan akan terus seperti itu karena produksi energi angin terus berkembang di masa yang akan datang.

Bioenergi

Pasar kerja bioenergi yang utama meliputi Brasil, China, Amerika Serikat dan India, dengan biofuel menyumbang sebanyak 1,7 juta lapangan pekerjaan, biomassa 0,7 juta, dan biogas 0,3 juta.

Undang-undang Kemerdekaan dan Keamanan Energi Amerika Serikat (2007) adalah kunci katalis dalam pertumbuhan lapangan pekerjaan yang cepat di industri biofuel, termasuk di dalamnya konstruksi dan pengoperasian etanol dan pabrik biofuel lainnya serta termasuk juga produksi bahan baku.

 

Rekomendasi

Terkait