real
        time web analytics

Info

Peneliti: Jaringan Lebih Penting daripada Bakat Individu


TOPCAREER.ID – Memiliki jaringan dan koneksi yang luas memang sangat berpengaruh pada pertumbuhan karier. Bahkan para peneliti setuju bahwa jaringan professional yang baik lebih penting daripada bakat individu ketika membuat keputusan berisiko.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal Nature Communications, yang menggunakan beberapa prinsip dari structural balance theory (SBT).

Penelitian yang memakan waktu dua tahun ini mengungkap para pekerja yang memiliki keseimbangan dalam hubungan personal mereka berpengaruh terhadap performa pekerjaan.

“Ada beberapa tipe masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh mereka sendiri (para pekerja). Masalah ini biasanya melibatkan manajer mereka untuk turut terlibat mengatasinya,” kata Brian Uzzi, pemimpin penelitian sekaligus profesor di Northwestern University.

Dalam penelitian itu, menyimpulkan bahwa dalam keadaan tertentu pekerja yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dan punya relasi yang baik dengan kolega pekerjaan, mereka punya nilai lebih dan menguntungkan perusahaan.

Para peneliti juga mengungkap para pekerja yang punya relasi baik dengan koleganya tersebut bahkan menunjukkan performa yang terus meningkat dibanding rekan kerja yang berbakat sekalipun.

“Kami menduga bahwa masalah yang timbul dalam pekerjaan mereka juga memonopoli hubungan dengan partner atau kolega kerja mereka,” ujar Uzzi.

Jadi, sambung Uzzi,  ketika mereka berhasil menyelesaikan masalah itu, mereka akan membuat keputusan yang lebih baik dan menunjukkan performance kerja lebih baik.

 

Rekomendasi

Terkait