real
        time web analytics

Info

Peneliti Temukan Font yang Mempertajam Ingatan


TOPCAREER.ID – Mulai dari pekerjaan kantor atau sekadar mempelajari informasi baru, banyak dari mereka harus diingat di kepala. Tapi seberapa banyak yang bisa diingat dengan itu semua? Baru-baru ini, peneliti merancag jenis huruf baru yang bisa mempermudah dalam mengingat informasi.

Para ilmuwan di RMIT University di Melbourne, Australia, baru-baru ini merancang jenis huruf baru — dan itu diciptakan secara khusus dengan orang yang suka membaca dan mudah lupa. Fonti itu disebut Sans Forgetica. 

Gagasan di balik Sans Forgetica sederhana: Jenis huruf agak sulit dibaca, yang berarti otak Anda harus bekerja dua kali lebih sulit untuk memahami apa yang dikatakannya. Karena fokus yang lebih dalam itu, Anda akan memiliki daya ingat yang lebih kuat dari apa pun yang sedang Anda baca. 

Itu bukan hanya sebuah hipotesis. Jenis huruf ini dibuat oleh tim peneliti dan akademisi dari Sekolah Desain Universitas RMIT dan Behavioral Business Lab-nya. Kelompok ini bekerja dengan ahli tipografi terkenal Stephen Banham untuk menguji dan memperbaiki produk mereka.

“Font ini menggunakan prinsip-prinsip psikologi kognitif untuk menciptakan efek yang dikenal sebagai kesulitan yang diinginkan," catat para peneliti. 

“Di mana penghalang kecil untuk proses pembelajaran menyebabkan otak terlibat dalam proses kognitif yang lebih dalam. Hasilnya adalah peningkatan ingatan.”

Untuk mendapatkan jenis huruf sekarang (dan mudah-mudahan tidak akan pernah melupakan fakta internet yang menyenangkan lagi), buka sansforgetica.rmit untuk mengunduhnya secara gratis. 

Anda juga dapat menambahkan jenis huruf sebagai ekstensi browser Chrome, yang berarti Anda dapat melakukan semua pembacaan online dalam font ajaib ini. 

 

Rekomendasi

Terkait