real
        time web analytics

Info

Perfeksionis di Luar Batas, Jangan Sampai Deh Kamu Begitu


TOPCAREER.ID – Adakah dilingkungan kerja kamu seseorang yang perfeksionisnya kelewatan? Jika kamu belum bisa mengenalinya, berikut ini tanda-tanda perfeksionisme yang sudah di luar kendali dan bisa menghambat orang yang bersangkutan untuk maju bahkan mengancam kesehatan mentalnya.

Sangat kritis pada orang lain

Tanda pertama perfeksionisme yang sudah kelewatan seperti dilansir Huffington Post, adalah sangat kritis terhadap orang lain. Perfeksionis yang berlebihan dapat membuat seseorang menjadi sangat kritis terhadap orang lain, bahkan cenderung menghakimi. Si perfeksionis bisa menjadi orang yang sangat diskriminatif, tidak menghargai orang lain, dan menganggap remeh orang lain.

Mengalami kesulitan untuk terbuka pada orang lain

Orang perfeksionis merasa harus melindungi dirinya dari orang lain. Akan tetapi, hal ini justru membuatnya sama sekali tidak terhubung dengan orang lain.

Segala sesuatunya diambil hati

Walau suka mengkritik orang lain, si perfeksionis cenderung tidak tahan akan kritikan orang lain. Mereka cenderung mengambil hati setiap perkataan orang lain secara personal dan menganggap dirinya sebagai orang yang tidak baik, tidak pantas, dan tidak hebat. Si perfeksionis akut cenderung defensif ketika dikritik.

Sulit merasa puas

Orang perfeksionis selalu merasa dirinya belum mencapai tujuan. Mereka bahkan fokus terhadap hal-hal yang belum terjadi. Mereka tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja.

Senang ketika orang lain gagal

Orang perfeksionis senang ketika orang lain gagal. Hal ini terjadi karena mereka cenderung sangat fokus mengasihani diri sendiri akan kegagalannya. Jadi, ketika ada orang lain gagal, dia merasa lebih nyaman dan lebih baik.

Mudah menangis

orang perfeksionis cenderung sedih terhadap kegagalan-kegagalan kecil dalam hidupnya. Inilah yang membuatnya sering menangisi keadaan. Dia tahu bahwa tidak ada gunanya menangisi keadaan, tetapi dia tetap melakukannya.