real
        time web analytics

Info

Perhatikan Ini Sebelum Melamar Kerja


TOPCAREER.ID – Banyak pertimbangan perusahaan dalam merekrut kandidat. Namun, semua itu bisa dilihat dari CV, portofolio, serta cover letter. Jadi, kamu milenial yang hendak melamar kerja pasti akan sangat memperhatikan hal ini agar bisa lolos. 

Banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melamar kerja. Jadi siapkan langkahmu demi siap menghadapi perusahaan dan berhasi lolos dari seleksi kandidat. Berikut aneka tips melamar kerja yang dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Melakukan Konfirmasi Panggilan Wawancara

Sebelum melakukan wawancara, biasanya kamu akan memperoleh undangan. Pastikan bahwa kamu sudah mengonfirmasi keputusanmu, entah kamu bisa hadir ataupun berhalangan.

Jika berhalangan, pastikanlah alasan yang diutarakan memang masuk akal serta bisa di-reschedule di hari lainnya. Hal tersebut akan menunjukkan keseriusan serta minat kamu terhadap perusahaan.

2. Tidak Gugup ketika Wawancara

Please untuk tidak gugup ketika wawancara. Rasanya Cv dan cover letter yang kamu buat dengan bik, bisa percuma jika tahu-tahu kamu malah gugup saat ingin wawancara. Gugup saat wawancara tentu sangat mengganggu.

Bahkan, kamu bisa saja dituduh memalsukan CV karena tidak bisa memaparkan kembali atau tidak bisa menjawab ketika diberi pertanyaan terkait apa saja yang tertera dalam CV

3. Memastikan Isi CV Menjawab Kebutuhan Posisi yang Dilamar

Cobalah saring terlebih dahulu pengalaman yang benar-benar mampu mendukung posisi pekerjaan yang akan dilamar untuk dimasukkan ke dalam CV. Sebagai saran, tidak masalah jika pengalamannya sedikit, asalkan benar-benar sesuai atau relevan dengan posisi yang dilamar. 

4. Memahami Perusahaan

Coba ciptakan nilai plus agar bisa menggaet HRD. Adanya nilai plus ini sangat membantu meyakinkan HRD mengenai kompetensi riil yang dimiliki oleh pelamar kerja. Nilai plus tersebut dimiliki mereka yang sudah memahami perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa sebelum berangkat wawancara harus membaca profil perusahaan serta berbagai produknya. 

5. Memastikan Kamu Yakin dengan Posisi yang Diambil

Karena galaunya saat mencari kerja, banyak kandidat yang asal saja saat melamar pekerjaan. Perilaku ini tentu sudah bisa dibaca oleh HRD sejak awal. Karenanya, jangan sampai kamu seperti itu, ya. 

6. Selama Menunggu Kerja, Isi dengan Kegiatan Positif

Sebisa mungkin, usahakan agar kamu mempunyai kegiatan positif untuk dilakukan selama menunggu panggilan kerja. Kegiatan positif tersebut juga harus produktif, artinya harus memberikan manfaat kepada dirimu. Kamu bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan bakat dan minat. Hobi juga termasuk di dalamnya.

 

Rekomendasi

Terkait