real
        time web analytics

Info

Platform Belajar Jurnalisme Data


TOPCAREER.ID - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) meluncurkan platform atau laman jurnalismedata.id. Laman ini menjadi sarana belajar bagi para jurnalis terkait dengan jurnalisme data.

"AJI cukup lama menyadari bahwa jurnalisme data ini sesuatu yang sangat penting. Jadi karena menyadari kebutuhan bahwa minat untuk belajar jurnalisme data ini sangat tinggi, wartawan yang memerlukan keterampilan ini sangat banyak, dan kita tidak punya banyak uang, kita meluncurkannya secara online, dan bentuknya adalah dalam bentuk jurnalsimedata.id," kata Ketua Umum AJI Abdul Manan beberapa waktu lalu.

Dalam laman jurnalismedata.id, terdapat beberapa fitur utama, di antaranya 'Data' yang berisi data dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan non-pemerintah; 'Tools' yang berisi aplikasi-aplikasi pengolah data; serta 'Belajar' di mana para jurnalis bisa belajar tentang jurnalisme data melalui kelas secara online.

Selain itu, ada fitur 'Webinar' yang berisi tentang jadwal seminar jarak jauh dengan tema berbeda, seperti menambang data serta bagaimana menjadi bagian dari jurnalisme data. Dalam pembuatan laman jurnalismedata.id, AJI bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP).