real
        time web analytics

Info

Profesi dalam Produksi Film, Art Director (Part 4)


TOPCAREER.ID - Tahu nggak sih sampai sebuah film itu bisa kamu tonton di bioskop dan layar kaca terdapat sederet orang-orang hebat yang ada di belakang layarnya. Kali ini kita akan bahas soal profesi sebagai art director (penata artistik).

Dirangkum dari beragam sumber art director (penata artistik) secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer.

Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggungjawab seorang art director.

Tugas dan Kewajiban Art Director pada tahap praproduksi antara lain, Menjadi koordinator teknis eksekusi (eksekutor) tata artistik sejak persiapan hingga menjelang dilaksanakannya perekaman gambar dan suara di lokasi yang telah ditentukan; Membuat breakdown dan jadwal kerja khusus bidang tata artistic; Menyiapkan elemen-elemen material tata artistik lebih awal sesuai dengan rancangan gambar kerja dari production designer sebagai kesiapan menjelang shooting; Bersama-sama manajer produksi dan asisten sutradara membuat jadwal shooting.

Kemudian pada tahap produksi tuganya menjadi koordinator teknis eksekusi (eksekutor) tata artistik termasuk penanggungjawab penyediaan segenap unsur tata artistik sesuai dengan tahapan proses perekaman gambar dan suara; Mengarahkan pelaksanaan kerja staf tata artistik dan menentukan kualitas hasil akhir sebelum dan selama proses perekaman gambar dan suara.

Adapun hak-hak Art Director antara lain bersama production designer memilih dan menentukan tim kerja bidang tata artistik yang profesional dan cocok untuk bekerja dalam sebuah produksi film; serta Art director berhak menolak perubahan bentuk tata artistik yang tidak mendapat persetujuan dari production designer dan sutradara.