real
        time web analytics

Info

Profesi dalam Produksi Film, Penulis Skenario (Part 2)


TOPCAREER.ID - Tahu nggak sih sampai sebuah film itu bisa kamu tonton di bioskop dan layar kaca terdapat sederet orang-orang hebat yang ada di belakang layarnya. Kali ini kita akan bahas soal profesi sebagai penulis skenario film.

Dirangkum dari beragam sumber, penulis scenario adalah sineas profesional yang menciptakan dan meletakkan dasar acuan bagi pembuatan film dalam bentuk (format) naskah (skenario).

Tugas dan Kewajiban Penulis Skenario antara lain, Menciptakan dan menulis dasar acuan dalam bentuk naskah/skenario atas dasar ide cerita sendiri atau dari pihak lain; Bagi penulis dasar acuan itu bisa dilakukan secara bertahap mulai dari ide cerita, sinopsis (basic story), treatment dan skenario, atau bisa langsung menjadi scenario; Bekerja dari tahap pengembangan ide (development) sampai jangka waktu terakhir (praproduksi).

Kemudian membuat skenario dengan format yang telah ditentukan; Menjadi narasumber bagi pelaksana produksi bila diperlukan; Penulis Skenario adalah orang yang mempunyai keahlian membuat transkripsi sebuah film; serta Membuat film dalam bentuk tertulis.

Adapun hak-hak penulis scenario dalam pembuatan suatu film adalah Mendapatkan bahan acuan yang memadai sesuai dengan yang telah disepakati untuk menunjang penulisan scenario; Mendapatkan kelengkapan bahan acuan penulisan scenario dalam bentuk; melakukan risetliterature dan / atau riset lapangan.

Apabila bahan acuan penulisan skenario dilakukan secara tim, maka nama anggota tim yang terlibat berhak untuk dicantumkan dalam credit title; Mendapatkan waktu yang memadai untuk melaksanakan proses riset dan penulisan scenario; Menerima pertimbangan dari pihak lain apabila ada pengurangan, perubahan dan penambahan materi dasar dalam scenario (antara lain; ide dasar, plot, dialog, karakter tokoh-tokoh dan lain sebagainya).

Selain itu namanya tercantum dalam credit title dan bahan publikasi lainnya (publicity material); Apabila scenario ditulis oleh sebuah tim, maka nama anggota tim yang terlibat dicantumkan dalam credit title.