real
        time web analytics

Info

Profesi dalam Produksi Film, Produser (Part 1)


TOPCAREER.ID - Tahu nggak sih sampai sebuah film itu bisa kamu tonton di bioskop dan layar kaca terdapat sederet orang-orang hebat yang ada di belakang layarnya. Kali ini kita akan bahas soal profesi sebagai produser film.

Dirangkum dari beragam sumber, produser pada dasarnya adalah seseorang yang membuat film dan bertanggung jawab atas filmnya secara langsung dan melaksanakannya secara sadar. Tugas seorang produser dinyatakan selesai setelah film release / dinyatakan selesai.

Tugas dan Tanggung jawab Produser antara lain, Mencari dan mendapatkan ide cerita untuk produksi; Membuat proposal produksi berdasarkan ide atau skenario film; Menyusun rancangan produksi; Menyusun rencana pemasaran; Mengupayakan anggaran-dana untuk produksi.

Kemudian Mengawasi pelaksanaan produksi melalui laporan yang diterima dari semua departemen; Bertanggung jawab atas kontrak kerja secara hukum dengan berbagai pihak dalam produksi yang dikelola; serta Bertanggung jawab atas seluruh produksi.

Adapun hak-hak Produser antara lain, Memilih dan menetapkan penulis skenario dan sutradara; Menetapkan pemain dan kru produksi utama berdasarkan calon yang telah ditetapkan dalam rancangan produksi dan juga berdasarkan usulan sutradara dan manajer produksi.

Kemudian Mengarahkan dan memberikan panduan (guide) kepada manajer produksi serta meletakkan dasar-dasar strategi bagi pelaksanaan produksi dan pengelolaan produksi (administratif); Mendapatkan laporan dari semua departemen.

Produser pun berhak memberikan keputusan bila terjadi konflik di lapangan, terutama bila kegiatan produksi terganggu; Memberhentikan/mengganti pemain/kru produksi apabila terbukti terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan produksi tersebut yang merugikan produksi; Memberikan keputusan atas konsep kreatif sutradara yang menyimpang dari rancangan produksi; serta Menghentikan produksi apabila dalam pelaksanaan produksi terjadi penyimpangan dari yang telah disepakati.