real
        time web analytics

Info

Program Studi yang Paling Diminati di SBMPTN 2019


TOPCAREER.ID –  Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 resmi ditutup pada 24 Juni lalu, dan hasilnya akan diumumkan tanggal 9 Juli 2019 mendatang. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) mencatat total jumlah pendaftar SBMPTN 2019 adalah 714.652 orang. 

Dari jumlah itu, peminat prodi saintek masih menduduki posisi tertinggi yaitu sebanyak 360.329 orang atau 50, 42 persen. Berikut ini adalah tujuh program studi saintek yang paling ramai peminat di SBMPTN 2019. 

1. Ilmu Kedokteran

Posisi teratas masih diduki oleh Ilmu Kedokteran. Program studi yang terkenal sulit ditembus ini selalu ramai peminat dari tahun ke tahun. Kampus Kedokteran yang paling banyak diincar adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya.

2. Teknik Informatika

Pesatnya perkembangan teknologi dan pergerakan industri 4.0 membuat Teknik Informatika masuk dalam jajaran prodi saintek paling diminati dalam dua tahun terakhir. Dua kampus negeri di Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran menjadi pilihan terfavorit.

3. Teknik Industri

Tal hanya di bidang teknologi saja, perkembangan pesat di berbagai sektor industri juga berimbas pada pilihan peserta SBMPTN dalam beberapa tahun terakhir. Teknik Industri ikut masuk dalam deretan prodi saintek terfavorit di SBMPTN 2019.

Beberapa perguruan tinggi negeri yang dijadikan rujukan utama adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

4. Arsitektur

Dari bidang teknik, arsitektur juga banyak diminati pada SBMPTN 2019. Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia menjadi yang paling diminati oleh peminat prodi arsitektur. Selain itu ada beberapa prodi arsitektur yang sudah terakreditasi A seperti Institut Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada.

5. Ilmu Gizi

Kebutuhan tenaga kesehatan yang terus meningkat tak hanya terfokus pada dokter, perawat dan bidan saja. Pakar gizi juga punya andil besar dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Beberapa kampus rujukannya adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin dan Universitas Indonesia.

6. Teknologi Pangan

Prodi ini mempelajari proses pengolahan bahan pangan mulai dari pemilihan sumber dan bahan baku, hingga proses produksi serta penyimpanan. Beberapa kampus Teknologi Pangan negeri unggulan di Indonesia adalah Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Jember.

7. Psikologi

Sudah tahu belum kalau Ilmu Psikologi terbagi menjadi dua pilihan? Beberapa kampus membuka Prodi Psikologi di ranah soshum dan ada pula yang memasukkannya dalam lingkup saintek.

Prodi Psikologi saintek biasanya berada di bawah Fakultas Kedokteran, seperti yang terdapat di Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Padjajaran dan Universitas Andalas. 

 

Rekomendasi

Terkait