real
        time web analytics

Info

Punya Suami Tipe Bapak Rumah Tangga, Potensi Karier Istri Melesat.


TOPCAREER.ID – Tak jarang ada suami yang mendedikasikan diri sebagai bapak rumah tangga. Dan ternyata menurut sebuah penelitian, fenomena bapak rumah tangga ini punya implikasi positif bagi karier istri. 

Hal ini diungkapkan studi terkini yang dilakukan peneliti University of Arizona. Menurut temuan, memiliki suami dengan tipe bapak rumah tangga dapat mendorong para istri untuk menapaki puncak karir. Ketika mendapatkan calon pasangan yang lebih senang tinggal di rumah, ada kemungkinan perempuan memiliki bayangan akan karir mereka yang pesat untuk mencari nafkah demi keluarga.

Sementara itu, ketika mereka mendapati laki-laki dengan peran sebagai pencari nafkah, secara tidak langsung kaum hawa akan mengangggap diri mereka ditakdirkan sebagai ibu rumah tangga yang tak memiliki masa depan untuk mencapai karier yang tinggi.

"Temuan kami menunjukkan bagaimana pilihan perempuan terhadap perannya di keluarga akan menentukan masa depan mereka," ujar peneliti utama Alyssa Croft, asisten profesor di departemen psikologi UA, seperti dilansir NYPost.

Untuk merujuk pada kesimpulan ini, Croft meminta 25 orang mahasiswi berusia 18 hingga 25 tahun, untuk menulis tentang bagaimana mereka membayangkan kehidupan mereka 15 tahun ke depan.

"Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswi menolak stereotip gender tradisional di mana lelaki berperan sebagai pencari nafkah dan perempuan sebagai ibu rumah tangga," ujarnya. 

Rekomendasi

Terkait