real
        time web analytics

Info

Ragam Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat


TOPCAREER.ID – Di Amerika Serikat sarjana lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sepertinya sedang laris manis. AS membuka 250.000 lowongan pekerjaan di bidang public health di tahun 2020 mendatang. Di Indonesia sendiri, ada beberapa prospek kerja bidang kesehatan masyarakat ini. 

Berikut dirangkum dari laman Glints, prospek kerja lulusan kesahatan masyarakat:

Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat (Healthcare Administrator)

Untuk bisa menjajal prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai administrator, setidaknya harus mengantongi ijazah S1. Tugas utama Healthcare Administrator untuk memastikan layanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis dan petugas sudah efektif dan berkualitas.

Pekerjaannya meliputi analisa kondisi ekonomi lingkungan sekitar fasilitas kesehatan, dan kalau sudah lebih berpengalaman akan ikut merencanakan program kesehatan. Prospek kerja sebagai Healthcare Administrator bisa ditemui di rumah sakit, layanan ambulance, dan institusi pemerintah.

Gizi Kesehatan Masyarakat

Rumah sakit dan perusahaan bidang Food and Beverage (F&B) adalah dua lapangan kerja yang menawarkan prospek kerja kesehatan masyarakat.

Biasanya akan tergabung dalam tim Manajemen Kualitas atau Quality Control  yang ada di perusahaan untuk memastikan sajian gizi yang ada dalam setiap produk makanan memenuhi standar. Industri hotel juga membutuhkan ahli gizi.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

K3 ini dipunyai hampir seluruh perusahaan. Kalau di luar negeri sebutan profesi K3 adalah Health and Safety Engineer. Tugasnya untuk mendesain sistem dan prosedur agar pekerja terhindar dari penyakit ataupun kejadian bencana selama bekerja. K3 juga akan mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan, mengidentifikasi bahaya yang mungkin terjadi, serta menginvestigasi insiden yang terjadi.

Promosi Kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat ini menuntut sisi marketing yang lebih dibanding posisi lainnya di bidang kesehatan masyarakat. Jika punya bakat memasarkan sesuatu dan tipikal yang persuasif, berkarier dengan latar belakang kesehatan masyarakat bisa jadi lebih menyenangkan.

Biostatistician

Sejalan dengan tingkat kompleksitasnya, jenjang pendidikan Anda juga sebaiknya dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai Biostatistician nantinya akan berkaitan dengan desain cara mengumpulkan data lapangan, lalu menganalisanya untuk kegiatan pengembangan di bidang kesehatan.

Lembaga pemerintahan, perusahaan bidang farmasi, dan tentunya rumah sakit akan jadi tempat berkarier para Biostatician. 

Epidemiologist

Asalnya dari kata epidemiology yang berarti salah satu cabang di bidang kesehatan yang berhubungan dengan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi.

Untuk menjadi epidemiologist, lebih disarankan untuk lanjut pendidikan ke tingkat S2 karena profesi ini menuntut keahlian dalam menghasilkan demografi yang akurat. Data dan demografi ini nantinya digunakan untuk meminimalisir resiko atas keadaan dunia kesehatan masyarakat.

Dosen/Pengajar

Selain harus punya bekal pendidikan dan penelitian yang memadai, keinginan untuk menjadi tenaga pengajar adalah modal lain yang juga harus dimiliki. Bidang seperti bioterrorism, vaksinasi, kesehatan mental, dan perilaku sosial adalah beberapa disiplin ilmu yang diminati pelamar S2.

 

Rekomendasi

Terkait