real
        time web analytics

Info

Ragam Profesi Akuntansi


TOPCAREER.ID – Bekerja di bidang keuangan, ada beragam peluang profesi yang bisa diambil, salah satunya akuntan. Menjadi akuntan pun ada ragam profesi yang bisa diketahui. Berikut beberapa ragam profesi akuntan.

Akuntan Publik

Yang biasa dikenal dengan akuntan eksternal ini merupakan akuntan independen yang memberikan jasa-jasannya dengan pembayaran tertentu. Akuntan publik ini tentu bekerja bebas dan umumnya mendirikan kantor akuntan sendiri. 

Akuntan yang bekerja di kantor akuntan publik tetap disebut akuntan publik (bukan dibawah perusahaan).  Tugas akuntan public biasanya melakukan pemeriksaan/audit, memberikan jasa perpajakan dan memberikan jasa konsultasi manajemen.

Akuntan Intern

Adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan  atau organisasi dan biasa disebut akuntan manajemen. Jabatan akuntansi intern pada perusahaan dapat diduduki oleh staff biasa, kepala bagian atau direktur keuangan.

Tugasnya, yakni menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keungan yang ditujukan atau disiapkan untuk menghadapi audit eksterna, menyusun anggaran, menangani masalah perpajakan, melakukan audit internal perusahaan.

Akuntan Pemerintah

Dari namanya sudah terbayang bukan, akuntan ini bekerja di lembaga-lembaga kepemerintahan, seperti BUMN/BUMD, Inspektorat jendral, dan sebagainya. Mereka mengikuti aturan kerja yang diterapkan di masing-masing departemen.

Akuntan Pendidik

Merupakan akuntan yang bertugas mengajarkan pendidikan akuntansi, melakukan penelitian, pengembangan akuntasi, mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.

 

Rekomendasi

Terkait