real
        time web analytics

Info

Rahasia Komposer Film Hollywood Bikin Musik Mengagumkan


Terence Blanchard, komposer film BlacKkKlansman.

TOPCAREER.ID – Hal pertama yang bisa dicontek dari seorang komposer dalam menciptakan musik film-film Hollywood, yakni belajar mendengar. Ketika mampu mendengar banyak hal, maka tema dan melodi bisa datang dari mana saja. 

The Hollywood Reporter mencoba bertanya kepada beberapa komposer film, bagaimana mereka menulis tema atau dari mana datangnya melodi hingga tercipta alunan musik yang mampu menghadirkan beragam emosi sepanjang pemutaran film. 

“Guru komposisi saya selalu berkata kepada saya bahwa Anda harus belajar bagaimana cara mendengarkan. Anda harus jernihkan pikiran. Bagi saya, pertama-tama saya harus membiarkan keadaan emosi saya terhubung ke cerita,” kata Terence Blanchard, komposer film BlacKkKlansman.

Ia memberikan contoh bagaimana melodi itu datang bahkan ketika ia menonton tentang opening film Malcolm X. Ia berpikir bagaimana semua orang  memiliki reaksi yang sama terhadap apa yang disajikan saat opening film, termasuk musiknya. 

Ketika opening dibubuhkan dengan suara yang berderu, maka reaksi orang serempak bisa sama-sama merasa terkejut bahkan hingga terbawa ke alam realitas.

“Ketika saya masih kecil saya sering pergi ke kamp jazz di New Orleans. Ketika kami beristirahat, mereka mulai memainkan salah satu rekaman pidato Malcolm X ketika dia berbicara tentang iblis bermata biru dan akan ada revolusi dan revolusi akan berdarah,” tutur Terence dalam laman The Hollywood Reporter.

“Saya adalah murid Martin Luther King dan saya belum pernah mendengar sesuatu yang radikal. Tapi ketika saya mendengarnya dan semua orang lain di daerah itu bersorak untuk itu, saya merasa seperti, ‘Di mana saya?’ Dan jantung saya berdegup kencang dan saya merasa ... ada jenis kecemasan tertentu yang datang pada saya yang hampir tak terkendali.”

Ia sendiri tidak tahu melodi untuk musik yang ia ciptakan berasal dari mana. Baginya, melodi musik film itu seperti melodi yang keluar dari kerinduan untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh kata-kata. 

Justin Hurwitz, yang juga seorang komponis serta penulis dari Amerika Serikat, menyampaikan hal yang sama seperti Terence. 

Ia sendiri tak bisa banyak menjelaskan dari mana melodi-melodi itu berasal hingga menciptakan lagu dengan komposisi hebat. Tetapi, ia sepenuhnya setuju bahwa mendengarkan adalah jalan yang bisa membawamu ke dalam melodi-melodi itu. 

“Begitu banyak tentang mendengarkan. Saya pikir sebagian besar dari itu, kami tidak tahu berasal dari mana saja. Tetapi bagaimana kami sampai di sana, saya sepenuhnya setuju, ini tentang mendengarkan,” ucap Justin yang dikenal atas kolaborasinya bersama penulis dan sutradara Damien Chazelle dalam film Whiplash dan La La Land.

 

Rekomendasi

Terkait