real
        time web analytics

Info

Risiko Kesehatan Lain Penggunaan Smartphone Berlebih


TOPCAREER.ID – Penggunaaan smartphone atau ponsel secara berlebihan memang diyakini menimbulkan beragam efek buruk bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan mata, mental, bahkan ada risiko kanker. Riset terbaru malah menyebut risiko kesehatan lainnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Anatomy 2016 mengklaim penggunaan ponsel dapat menyebabkan pertumbuhan tengkorak yang tidak normal. Riset ini dilakukan oleh peneliti dari University of the Sunshine Coast di Queensland, Australia. 

Dengan menggunakan pemeriksaan sinar-x, peneliti menemukan 41 persen orang berusia 18-30 tahun memiliki benjolan tulang yang menyerupai tanduk di belakang tulang tengkorak mereka. 

Dialnsir dalam laman Mens Health, riset tersebut lebih jauh menyebutkan bahwa benjolan-benjolan ini bukan tanduk, melainkan entesofit, pertumbuhan abnormal yang ditemukan pada titik perlekatan tendon atau ligamen. Biasanya, entesofit berkembang perlahan dalam periode waktu yang lama. 

Hal inilah yang mengejutkan peneliti karena menemukannya di kalangan usia muda. Meksipun belum jelas apa penyebabnya, peneliti percaya jika ini terkait dengan teknologi modern, seperti ponsel. 

Salah satu peneliti, David Shahar mengungkapkan, peningkatan beban berkelanjutan pada perlekatan otot itu disebabkan oleh beratnya kepala yang bergerak maju ketika penggunaan teknologi modern untuk jangka waktu yang lama. 

“Menggerakkan kepala ke depan membuat perpindahan berat kepala dari tulang belakang ke otot-otot di belakang leher dan kepala,” kata dia. 

Shahar merekomendasikan penggunaan bantal yang berkontur khusus atau melakukan latihan yang menerapkan gerakan mengangkat dada bagian atas untuk membantu mengkalibrasi ulang postur tubuh.  Selain itu, kita bisa mengatasi masalah ini dengan mengurangi frekuensi penggunaan gadget. 

Kurangi penggunaan gadget secara bertahap selama beberapa jam demi mempertahankan postur tubuh yang baik. 

 

Rekomendasi

Terkait