real
        time web analytics

Info

Seberapa Seimbang Pekerjaan dan Kehidupan Pribadimu, Cek di Sini


TOPCAREEER.ID - Menurut Dr. Joanie Connell, psikolog dan pendiri Flexible Work Solutions, keseimbangan antara kerja dan kehidupan yang baik terjadi ketika seseorang mengelola tanggung jawab dari pekerjaan dan kehidupan dengan cara yang sehat dan produktif.

“Dari sudut pandang individu, itu berarti memiliki pekerjaan yang memenuhi tuntutan pribadi dan memiliki tuntutan pribadi yang tidak mengganggu tuntutan pekerjaan," katanya dalam Business News Daily.

Connell menambahkan bahwa kurangnya keseimbangan ini sebagai karyawan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pilek dan flu karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu, mudah tersinggung, depresi, sakit kepala, gangguan pencernaan, infertilitas dan penyakit jantung. 

Jawab benar atau salah untuk pertanyaan-pertanyaan berikut, dan gunakan panduan penilaian Connell di bawah ini untuk melihat di mana posisi Anda, seperti dilansir dari laman Business News Daily.

1. __________ Tuntutan hidup dan pekerjaan saya sering saling mengganggu.

2. __________ Orang lain memiliki kendali atas jadwal kerja saya.

3. __________ Butuh perjuangan untuk mendapatkan cuti dari pekerjaan ketika saya perlu.

4. __________ Saya menghabiskan banyak waktu menanggapi email pribadi dan panggilan telepon ketika saya sedang bekerja.

5. __________ Saya tidak punya waktu untuk berolahraga setidaknya tiga kali seminggu.

6. __________ Saya harus melepaskan sebagian besar hobi saya.

7. __________ Saya tidur kurang dari 8 jam per malam secara teratur.

8. __________ Saya sering sakit kepala dan atau sakit perut.

9. __________ Saya sering melakukan kesalahan pada pekerjaan.

10. __________ Penting untuk memeriksa telepon dan email saya ketika saya meninggalkan pekerjaan.

11. __________ Sulit untuk mengalihkan fokus perhatian saya pada masalah yang ada.

12. __________ Saya merasa sangat khawatir, ketika harus menyelesaikan semua pekerjaan, bagaimana melakukannya.

13. __________ Saya bekerja lebih dari 40 jam seminggu.

14. __________ Sulit untuk tidak mudah tersinggung dan kehilangan kesabaran.

15. __________ Saya tidak punya cukup waktu untuk bersantai.

16. __________ Saya sering berurusan dengan keadaan darurat kerja ketika saya tidak ada di sana.

17. __________ Saya lelah sepanjang waktu.

18. __________ Keluarga dan teman-teman saya sering marah  karena tak punya waktu untuk mereka.

19. __________ Saya sering dibutuhkan di luar pekerjaan selama jam kerja.

Jika Anda menjawab ...

Kebanyakan benar: Anda dalam bahaya serius terkena penyakit atau cedera yang berhubungan dengan stres, memiliki masalah pribadi besar atau dipecat. Anda terlalu banyak khawatir dan perlu mendapatkan lebih banyak dukungan baik di tempat kerja atau di rumah. 

Bahkan jika Anda dapat bertahan dalam situasi yang sangat menegangkan untuk jangka waktu tertentu, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh Anda, seperti serangan jantung, hipertensi, maag, endometriosis, atau kondisi terkait stres lainnya.

Sama benar dan salah: Periksa komitmen, tanggung jawab, dan tingkat kendali Anda atas hidup Anda. Mungkin ada satu atau dua penyesuaian sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi konflik pekerjaan/kehidupan, atau mungkin diperlukan perubahan yang lebih luas. Dalam kedua kasus itu, pertimbangkan cara untuk menjaga diri Anda lebih baik untuk mempertahankan ketahanan Anda dan melewati masa-masa sulit.

Sebagian besar salah: Anda memiliki kecocokan yang baik untuk pekerjaan dan tuntutan hidup. Anda menjaga diri sendiri. Anda berisiko rendah kehabisan tenaga dan merupakan teladan keseimbangan anatara kerja dan kehidupan yang baik bagi orang lain.

 

Rekomendasi

Terkait