real
        time web analytics

Info

Seleksi Pegawai Kontrak Setara PNS Ketat


TOPCAREER.ID  Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang sedang dilakukan akan berlangsung ketat.

Ridwan menambahkan, terdapat seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi beberapa dokumen pelamar PPPK. Kegiatan verifikasi dan validasi yang dilakukan untuk PPPK persis juga dilakukan pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Pada 17 Februari 2018 dilakukan verifikasi dan validasi secara online, persis seperti CPNS,” tambahnya.

Nantinya, proses verifikasi dan validasi akan dilakukan oleh BKN, Pemerintah Daerah, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, para peserta akan melakukan seleksi tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi. Terdapat 3 seleksi kompetensi yang akan dilakukan, yaitu Seleksi Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural.

Ketiga tes tersebut akan dilaksanakan melalui sistem Computerized Assisted Test (CAT). Dalam pendaftaran PPPK, tidak ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang ada pada seleksi CPNS karena para pelamar dianggap sudah memenuhi syarat-syarat dasar menjadi PPPK.

Setelah seleksi teknis, juga ada seleksi wawancara dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat untuk memastikan para calon PPPK memiliki pengetahuan mengenai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 agar tidak menyimpang dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta netral terhadap pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

Selain itu, nantinya juga akan ada wawancara mengenai kesiapan kinerja para calon PPPK. “Diakhir tahun akan dilihat kinerjanya. Kalau dikatakan baik, maka dia akan lanjut terus tanpa melakukan tes lagi. Kontraknya akan dievaluasi setiap tahun,” jelas Ridwan.