real
        time web analytics

Info

Setidaknya Pelamar Butuh 5 Bulan Hingga Dapat Pekerjaan


TOPCAREER.ID – Bekerja di perusahaan yang tepat tentu jadi keianginan setiap orang, terutama pencari kerja. Tapi, butuh waktu yang cukup lama hingga akhirnya mendapat tempat kerja yang tepat. Menurut studi, setidaknya pelamar harus bersabar hingga 5 bulan sampai ia mendapat pekerjaan. 

Perusahaan rekruter, Randstad menyatakan seorang pelamar membutuhkan waktu -plus bersabar- untuk bisa bekerja di perusahaan yang dilamar.

Dikutip dari studyfinds, Randstad dan OnePoll mensurvei 2 ribu orang-orang Amerika. Hasilnya, mereka memerlukan rata-rata waktu lima untuk bulan untuk mendapatkan pekerjaan dan mulai hari mereka di perusahaan baru.

Selama lima bulan, pencari kerja akan membuat 4 lamaran kerja yang berbeda, memasukkan 7 aplikasi, menghadiri 5 wawancara langsung, dan menulis 4 surat lamaran.

Ada 82 persen responden mengatakan mencari pekerjaan adalah pengalaman yang membuat stres.

Pencari Kerja Juga Membuat Kesalahan Vital

Ternyata, pencari kerja juga membuat kesalahan vital ketika sedang wawancara kerja. Ada 2 dari 5 responden tidak mengambil aksi krusial setelah mengikuti wawancara kerja. Dan 12 persen lainnya tidak menindaklanjuti wawancara.

Hasil survei menunjukkan pencari kerja bersikap apatasi dan abai terhadap detail lamaran. Ada 38 persen responden yang melamar pekerjaan tanpa membaca deskripsi dan persyaratan posisi.

Lebih jauh, ada 42 persen merasa kurang cocok dengan persyaratan yang diberikan, sedangkan 54 persen merasa cocok.

 

Rekomendasi

Terkait