real
        time web analytics

Info

Siasati Kamera Biar Tak Gampang Low Batt


TOPCAREER.ID – Mengambil foto saat libur lebaran emang asyik jika menggunakan kamera. Tapi ketahanan baterai kamera hanya untuk kurun waktu tertentu, bahkan beberapa di antaranya cukup singkat. Berikut ada cara untuk menghemat baterai kamera agar foto-foto makin asyik.

1. Matikan LCD dan gunakan viewfinder

Agar lebih hemat, coba pakai viewfinder untuk membidik objek. Jangan menggunakan LCD untuk membidik gambar, karena LCD mengonsumsi banyak daya.

2. Kurangi Melihat Foto

Kurangi untuk melihat foto di galeri berkali-kali. Seperti halnya dijelaskan di poin satu, penggunaan LCD sangat menguras daya. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan LCD, salah satunya dengan sering melihat gambar di galeri.

3. Jangan Gunakan Continuous Focus jika Tidak Perlu

Ketika kamera Anda sedang menentukan titik fokus, hal tersebut membutuhkan energi. Sistem motorik yang menggerakan komponen optik agar memfokuskan gambar, membutuhkan banyak energi. Memang Anda tidak bisa menghindari untuk tidak melakukan fokus gambar.

4. Jangan Menekan Setengah (half way down) Tombol Rana Tanpa Sebab

Menekan setengah tombol shutter mengonsumsi banyak daya, karena kamera menentukan titik fokus saat tombol shutter ditekan setengah. Bidiklah gambar sebaik mungkin, baru mencari fokus. Hal ini bisa mengkonsumsi banyak daya dari yang kita pikirkan. Saat menekan setengah tombol rana, banyak komponen motorik yang berhubungan, seperti komponen fokus, komponen flash, dan lain sebagainya.

5. Bawa Baterai Cadangan

Cara ini merupakan cara terampuh yang bisa dilakukan. Belilah baterai cadangan. Beberapa kamera mungkin dibekali dengan baterai cadangan, namun beberapa hanya dapat satu baterai. Membawa baterai cadangan membuat kita lebih tenang dalam bekerja, khususnya saat mengambil gambar tanpa takut harus kehabisan baterai. 

 

Rekomendasi

Terkait