real
        time web analytics

Info

Simak Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP


TOPCAREER.ID – Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali dibuka, mulai 10 Mei 2019. Yang pengin banget ikutan jangan sampai kelewatan, termasuk juga memahami bagaimana proses seleksinya biar peluang diterima bisa lebih besar. 

Berdasar dari laman LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia, proses seleksi akan terbagi menjadi tiga tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, dan terakhir tahap wawancara. Berikut rinciannya merunut pada beasiswa reguler:

1. Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya dan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

- Tim penyeleksi administrasi melakukan verifikasi dan validasi terhadap kelengkapan dan kecocokan berkas pendaftaran berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.

- Pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.

- Pendaftar yang dokumennya memenuhi persyaratan dinyatakan lulus administrasi.

- Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ditetapkan sebagai peserta Seleksi Berbasis Komputer.

- Khusus untuk Pendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Reguler jenjang doktoral yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ditetapkan sebagai peserta wawancara.

- Informasi pendaftar yang lulus atau tidak lulus seleksi administrasi disampaikan melalui akun pendaftaran online masing-masing pendaftar.

- Pendaftar yang tidak lulus seleksi administrasi dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.

2. Seleksi Berbasis Komputer (Khusus Program Magister)

- Materi dalam Seleksi Berbasis Komputer meliputi: Tes Potensi Akademik atau Tes Intelijensi Umum; dan Soft Competency atau Tes Karakter Kepribadian;

- Pengambilan keputusan peserta yang dinyatakan lulus pada Seleksi Berbasis Komputer berdasarkan hasil nilai Tes Potensi Akademik.

- Peserta yang dinyatakan lulus seleksi Berbasis Komputer ditetapkan sebagai peserta Wawancara.

- Peserta Seleksi Berbasis Komputer yang tidak lulus dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.

3. Wawancara

- Sebelum wawancara, verifikator yang ditunjuk oleh LPDP melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diserahkan oleh peserta

Peserta tidak dapat mengikuti seleksi wawancara, apabila dokumen yang diserahkan: tidak sesuai dengan persyaratan LPDP; atau terdapat unsur pemalsuan dokumen.

- Perlu diingat bahwa peserta yang melakukan pemalsuan data atau dokumen tidak dapat mendaftar kembali pada semua program beasiswa LPDP.

- Peserta mengikuti wawancara berdasarkan lokasi yang dipilih pada saat pendaftaran.

- Wawancara dilaksanakan oleh Tim Pewawancara yang ditetapkan oleh LPDP.

- Peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi wawancara tidak dapat mendaftar pada seluruh program beasiswa LPDP di tahun yang sama.