real
        time web analytics

Info

Standar Seleb di Inggris, Follower Capai 30m Ribu


TOPCAREER.ID –  Semakin terkenal dan populer di kalangan banyak orang bisa jadi syarat sebagai seorang selebriti, termasuk di dunia sosial media. Tak ada standar terkait hal tersebut untuk menjadi selebriti. Tapi, berbeda dengan Inggris.

Inggris memberlakukan standar popularitas warganya. Dikutip dari Gizmodo, warga Inggris yang punya 30.000 pengikut di akun media sosialnya akan otomatis dikategorikan sebagai selebritas, menurut aturan dari Advertising Standards Authority (ASA), lembaga pengatur standar periklanan di Inggris.

Kabarnya, standar ini diberlakukan karena sebelumnya, pengguna Instagram bernama Sarah Willox Knox dengan akun bernama @ThisMamaLife memposting iklan endors produk obat tidur.

Iklan ini sudah disetujui oleh kelompok perdagangan The Proprietary Association of Great Britain, jadi sudah memiliki izin yang jelas.

Tapi, ASA menganggap Knox sebagai selebritas karena pengikutnya mencapai 32.000 orang sehingga Knox harus mematuhi aturan ASA yang tidak mengizinkan selebritas untuk mengendors produk obat-obatan.

“Kami mempertimbangkan pengikut Knox yang mencapai 30.000, mengindikasikan itu jumlah yang banyak. Menimbang kepopulerannya, kami memutuskan kalau Knox harus mematuhi aturan dari ASA," demikian pernyataan dari ASA.

Meski begitu, masih belum jelas bagaimana kriteria pengikut yang termasuk ke dalam standar 30.000 tersebut, mengingat saat ini banyak akun palsu dan akun tidak aktif yang mungkin sengaja dibuat hanya membuat jumlah pengikut terlihat banyak.

 

Rekomendasi

Terkait