real
        time web analytics

Info

Studi: Jaga Berat Badan untuk Kesehatan Fungsi Otak


TOPCAREER.ID – Percayakah Anda bahwa berat badan bisa pengaruhi fungsi otak? Para peneliti mengatakan bahwa indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) yang terlampau tinggi bisa berdampak pada fungsi otak orang dewasa.

Sebuah studi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, sangat menyarankan untuk memerhatikan berat badan bila Anda ingin memiliki ingatan yang kuat. 

Menjaga berat badan tetap stabil dapat melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan. Mulai dari menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Studi sebelumnya juga telah mengaitkan masalah berat badan dengan kesehatan otak, tetapi hanya sedikit penelitian mengenai bagaimana pengaruh bobot tubuh terhadap kesehatan otak.

Doktor psikologi yang terlibat dalam penelitianini, Kyle Bourassa, menemukan bagaimana potensi ini dapat membantu peneliti mengembangkan penemuan guna mencegah kemunduran kognitif.

Kyle dan tim menduga bahwa inflamasi sistemik, yakni sebuah reaksi berlebihan tubuh terhadap sistem imun, kemungkinan merupakan penyebabnya. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa inflamasi di otak memiliki dampak terhadap fungsi kognitif.

"Semakin tinggi BMI Anda, semakin tinggi juga inflamasi yang terjadi pada tubuh," kata Kyle Bourassa, seperti dikutip dari Health.

 

Rekomendasi

Terkait