real
        time web analytics

Info

Studi: Pokemon Go Latih Daya Hapal Otak


TOPCAREER.ID – Masih ingat aplikasi game populer Pokemon Go? Sempat kontroversi lantaran punya dampak negative yang besar, game ini menjadi perhatian untuk diteliti. Salah satu studi terbaru soal game ini adalah, Pokemon Go bisa membantu mengasah otak manusia. 

Studi tersebut dilakukan oleh Psikolog dari Universitas Stanford. Jenis permainan berbasis Augmented Reality (AR) ini disebut menciptakan pola baru pada otak yang memungkinkan manusia bisa menghapal sesuatu lebih mudah.

Jika diingat, cara bermain 'Pokemon Go' ini pengguna memiliki harus menangkap ratusan karakter pokemon dan hal ini dirasa menjadi tantangan menarik bagi pemain untuk belajar menghapal wajah monster. Dengan cara bermain seperti itu, pemain dipaksa untuk mengingat sehingga hafal dengan karakter-karakter tersebut.

“Bermain Pokemon selama berjam-jam membuat otak pemainnya merespons ke beberapa nama karakter seperti Wobbuffet, Bulbasaur, hingga Pikachu. Studi ini juga membuktikan kalau otak manusia lebih mudah menghafal nama berdasarkan dari bentuk wajah si monster," kata kepala riset ini, Jesse Gomez, dilansir Mirror.

Setiap manusia punya bagian otak yang berfungsi untuk mengenali suatu objek dari bentuk bahkan namanya. Bagian otak ini akan aktif kembali ketika diberi sedikit rangsangan tentang hal-hal yang sebelumnya sudah diingat.

"Pokemon itu punya banyak karakter yang wajah dan bentuknya sama. Di sinilah otak manusia akan bekerja lebih ekstra untuk menghafal masing-masing nama karakter," jelasnya.

Dalam studi yang melibatkan 11 partisipan orang dewasa ini, pemain ditempatkan pada pemindai MRI dan diperlihatkan ratusan karakter Pokemon secara acak. Hasilnya, tampak otak pemain 'Pokemon Go' militan merespons ke gambar-gambar karakter dan mengingatnya dengan mudah dibandingkan pemain baru.

"Visual cortex otak kita terbuat dari ratusan juta neuron, dan kita punya kapasitas pola untuk mengingat setiap visual yang dilihat, contohnya dalam 'Pokemon Go' ini," tambah Gomez.

Alasannya, para pemain 'Pokemon Go' kebanyakan sudah terbiasa mengingat ratusan nama dan bentuk Pokemon mulai dari mereka masih kecil. Ketika beranjak dewasa, ingatan tentang para Pokemon ini mulai hilang namun berhasil dikembalikan hanya dengan sedikit rangsangan kecil.

 

Rekomendasi

Terkait