real
        time web analytics

Info

Sudah Tahu Belum Fitur-Fitur Rahasia dalam Pesawat


TOPAREER.ID – Anda yang sering bepergian dengan pesawat, pasti akan akrab dengan fasilitas keamanan dan kenyamanan yang diberikan. Namun, apakah hal yang sama juga Anda ketahui terhadap fitur-fitur rahasia yang ada di pesawat berikut ini? Dilansir dari Reader's Digest, berikut fitur tersembunyi di pesawat yang tidak diketahui penumpang.

1. Tombol rahasia untuk ruang ekstra

Apakah Anda mendapatkan kursi di lorong? Bila duduk di bangku lorong, Anda tidak hanya bisa keluar masuk tanpa perlu membangunkan orang lain, namun juga bisa menambah ruang duduk dengan mengangkat sandaran lengan. Berterima kasihlah pada fitur pesawat yang keren ini. Tombol ini akan membuat sandaran tangan terangkat ke atas secara otomatis dan memberi ruang lebih untuk tubuh.

2. Pegangan tersembunyi

Menurut Condé Nast Traveler, saat pramugari berjalan dalam pesawat dan menyentuh sisi pesawat bagian atas, mereka tidak sedang iseng. Ternyata bagian bawah kompartemen seperti tempat menyimpan barang yang ada di atas kepala kita itu memiliki area bergigi yang memberi pegangan lebih baik saat kita berjalan menyusuri pesawat yang bergerak.

3. Area tidur rahasia

Penerbangan jarak jauh memang melelahkan bagi penumpang, tapi bayangkan menjadi pilot atau pramugari yang harus melewati penerbangan dalam 14 jam kerja. Menurut Insider, beberapa pesawat, seperti Boeing 777 dan 787, memiliki ruang rahasia yang bisa dipakai tidur para awak pesawat.

Pintu khusus di bagian depan pesawat atau pintu yang terletak di atas kabin, ternyata menyimpan seperangkat alat tidur untuk para awak penerbangan. Tempat tidur tersebut tertutupi oleh tirai tebal yang menjaga privasi dan kenyamanan para kru penerbangan saat tidur.

4. Pengait pada sayap

Jika kamu mengintip bagian sayap pesawat Airbus dari jendela, kamu akan melihat lubang untuk pengait berwarna kuning. Apa fungsinya? Jika terjadi pendaratan darurat di air, penumpang bisa keluar lewat pintu darurat di sebelah sayap. 

Namun sayap biasanya menjadi licin saat terkena air, sehingga diperlukan tali untuk berpegangan dan para penumpang bisa meluncur dari seluncur yang dikembangkan. Nah, pengait tersebut berfungsi untuk mengikatkan tali yang dikencangkan ke bagian depan sayap. Penumpang bisa berpengangan pada tali saat keluar dari pintu sayap pesawat tanpa tergelincir.

5. Segitiga hitam di atas jendela

Cobalah melihat dinding kabin pesawat bagian tengah, tepatnya di atas jendela pesawat, Anda akan melihat sebuah segitiga hitam. Segitiga tersebut adalah penanda lokasi sayap pesawat. Jika pramugari harus memeriksa posisi sayap pesawat, mereka akan tahu secara persis tempat terbaik untuk memeriksanya.

6. Borgol tersembunyi

Jika penumpang mulai nakal, pramugari memiliki hak untuk menahan mereka. Borgol tersebut mungkin mirip dengan borgol yang dipakai polisi, tapi kebanyakan terbuat dari plastik yang mirip dengan pengikat.

 

Rekomendasi

Terkait