real
        time web analytics

Info

Suhu yang Hangat Bantu Produktivitas Kerja Perempuan, Kalau Laki-Laki?


TOPCAREER.ID – Panas atau dinginnya suhu ruangan ternyata mempengaruhi produktivitas kerja, terutama pada kalangan perempuan. Hal itu berdasar penelitian baru-baru ini. 

Penelitian dari University of Southern California (USC) menemukan bahwa menaikkan suhu ruangan kerja dapat meningkatkan kemampuan perempuan untuk menyelesaikan tugas-tugas kognitif tertentu. 

Penelitian yang diterbitkan pada 22 Mei melalui journal Plos One ini melibatkan 543 responden di sebuah laboratorium di Berlin.

Responden ini diberi tugas untuk melakukan tes matematika, tes verbal dan kognitif, hingga tes yang melatih tingkat intuisi. Selama sesi tes, suhu ruangan pun diatur secara variatif mulai dari 16 derajat Celcius hingga 32 derajat Celcius. 

Percobaan ini menunjukkan bahwa performa perempuan amat baik dalam mengerjakan tes matematika dan tugas verbal di suhu yang lebih tinggi. 

Sementara itu, bagi peserta laki-laki tidak dapat menyelesaikan tes dengan baik saat suhu memanas, dan berbeda dengan perempuan, kinerja mereka justru membaik saat suhu ruangan lebih dingin. 

“Sudah diketahui, bahwa perempuan lebih menyukai suhu ruangan yang lebih hangat ketimbang laki-laki, tapi hal tersebut masih terbatas oleh preferensi pribadi dan belum ada penelitian yang menjelaskan hal tersebut," ujar Tom Chang peneliti sekaligus professor keuangan dan ekonomi bisnis dari USC Marshall School of Business di Los Angeles, Amerika Serikat.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan kinerja kognitif perempuan dalam suhu yang lebih hangat dipengaruhi akibat adanya peningkatan usaha dalam tubuh yang membuat mereka dapat menjawab pertanyaan yang ada dalam tes. 

Profesor Chang dan Dr Kajackaite serta para akademisi yang terlibat dalam penelitian ini merekomendasikan untuk menaikkan suhu ruangan di tempat kerja yang memiliki banyak karyawan perempuan supaya produktivitas kerja mereka meningkat.

Profesor Chang juga mengatakan kepada Independent bahwa sementara ini belum ada suhu optimal untuk meningkatkan produktivitas perempuan saat bekerja. Tapi dalam penelitian tersebut ditemukan suhu yang aman dan nyaman untuk semua gender di tempat kerja adalah 24 C. 

 

Rekomendasi

Terkait