real
        time web analytics

Info

Sumber Uang Tambahan untuk Pekerja Kantoran


TOPCAREER.ID – Kadang, gaji yang diterima pekerja kantoran tak selalu bisa memenuhi kebutuhan hidup. Makanya, butuh yang namanya uang tambahan. Hal itu bisa diperoleh dari beberapa sumber, seperti kerja sampingan. Tapi, kerja sampingan apa yang pas buat karyawan kantor ya? Berikut ulasannya. 

1. Freelance

Bekerja freelance memang menjadi salah satu sampingan yang populer jika Anda memiliki hobi atau keahlian lain di luar pekerjaan utama. Anda bisa memanfaatkan situs-situs pencari pekerja freelance yang banyak tersedia di internet.

Pekerjaan freelance ini tidak mempunyai waktu kaku atau tidak terikat jam kerja, hanya saja terikat dengan deadline. Banyak alternatif kerja freelance yang dapat dipilih, di antaranya adalah penulis freelance, editor, translator, customer service online, sampai jasa upload foto produk ke marketplace.

2. Menjadi Influencer

Gemar posting-posting di sosial media? Mungkin ini bisa jadi jalan Anda menuju pekerjaan sampingan yang menarik. Membuat akun di Instagram, menjadi influencer diiringi followers, serta interaksi yang banyak kepada netizen bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa endorse atau paid promote. 

Sementara itu, YouTuber bisa menjadi pilihan berikutnya. Anda bisa membuat konten menarik dan dimanfaatkan untuk memperoleh uang tambahan dari monetize video yang dibuat. Manfaatkan waktu luang untuk membuat konten menarik. 

3. Bisnis Online

Yang gemar berdagang, manfaatkan kesempatan ini agar memperoleh pundi-pundi uang sampingan. Anda dapat menjual barang via online. Barang apa pun bisa ditawarkan di suatu situs yang disebut platform. Pilih saja produk yang banyak peminatnya agar laku keras.

Manfaatkanlah mudahnya konsumen saat ini untuk mengakses media sosial ataupun marketplace secara gratis. 

4. Bisnis barang-barang handmade

Bagi Anda yang punya kreativitas dan keterampilan membuat barang-barang handmade dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis. Buat kerajinan tangan, seperti hiasan dari barang bekas dan tas rajut. Sampai saat ini, semua barang handmade tersebut masih mempunyai peminatnya sendiri. Segmen pasarnya sudah ada.

5. Bisnis katering

Ini opsi berikutnya untuk mendapat kerja sampingan. Jasa pembuatan makanan ini sangat diminati masyarakat tentunya. Kamu dapat memilih makanan pesanan yang mudah serta umum dicari, meliputi nasi box, kue kering, kue basah, yang semuanya dibutuhkan saat seseorang mengadakan acara.

 

Rekomendasi

Terkait