real
        time web analytics

Info

Survei: Pegawai Milenial Bilang Susah Berteman di Kantor


TOPCAREER.ID – Para pegawai dari kalangan milenial mengaku sulit menjalin pertemanan di kantor, apakah benar? Ternyata memang berdasar riset, lebih dari separuh atau 65 persen pegawai usia 25 hingga 34 tahun lebih susah untuk berteman di kantor. 

Angka itu malah, dalam laman The Independent, jauh lebih tinggi daripada generasi baby boomers yang mencetak persentase 23 persen. 

Survei ini dilakukan oleh Milkround.com dan melibatkan 2.016 orang responden. Survei tersebut juga menemukan bahwa generasi setelah milenial, atau mereka yang berusia 25 tahun ke bawah, lebih sulit menjalin pertemanan di kantor. 

Sebanyak 24 persen Gen Z mengaku merasa cemas ketika bertemu teman atau rekan kerja baru. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan 8 persen dari mereka yang berusia 55 tahun ke atas. 

Tidak hanya itu, hampir separuh atau 48 persen Gen Z juga mengaku pernah mengajukan izin sakit setidaknya satu kali untuk menghindari acara bersosialisasi di kantor. Sementara itu, 38 persen milenial juga mengakui hal yang sama. 

Terkait alasan banyaknya pegawai muda yang sulit memiliki teman atau menjalin hubungan sosial di kantor, faktor yang paling banyak disebut oleh responden adalah stres. Persentasenya mencapai 30 persen. 

Pakar karier di Milkround Georgina Brazier menyatakan, terkait kondisi tersebut, perusahaan harus mengambil langkah untuk membantu para pegawai muda mereka sebisa mungkin mengembangkan kepercayaan diri secara sosial. 

"Dengan memberikan lingkungan kerja yang mendorong interaksi sosial di seluruh level, perusahaan bisa membantu pegawai mengembangkan kemampuan interpersonal, membangun jejaring profesional, dan memupuk keahlian yang dibutuhkan untuk membangun karier mereka," jelas Brazier. 

Namun demikian, psikolog Emma Kenny mengungkapkan bahwa pegawai pun harus mengambil langkah-langkah positif untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

"Kita menghabiskan seperempat kehidupan kita sebagai orang dewasa dengan bekerja. Jadi, mengetahui bahwa kita dikelilingi orang-orang yang bisa dipercaya dan kita senang bersama mereka akan memberikan dampak positif bagi kehidupan. Maka dari itu, masuk akal bila kita harus bekerja keras dalam hal pertemanan di kantor," terang Kenny.

 

Rekomendasi

Terkait